Viral Seekor Kucing Dikira Ngegym karena Berotot Kekar, Faktanya Sungguh Menyedihkan

Kucing ini mengalami hipertrofi otot terkait Myostatin. (reddit.com)

Editor: Dera - Jumat, 3 Desember 2021 | 18:00 WIB

Sariagri - Jika biasanya kucing nampak lucu dan menggemaskan, namun kucing yang satu ini justru terlihat berotot dan kekar.

Bagi sebagian orang yang baru melihat kucing berotot kekar mulai beranggapan jika hewan tersebut sehat dan bugar. Namun tahukah Sobat Agri, jika kondisi yang dialami kucing itu justru sebaliknya. 

Ya, hewan peliharaan itu justru sedang mengalami penyakit langka yaitu hipertrofi otot terkait Myostatin. Ini adalah kondisi langka yang menyebabkan hewan terus membangun otot meskipun mungkin tidak berniat demikian.

Mengutip ladbible.com, myostatin adalah protein yang diproduksi oleh tubuh yang menghambat pertumbuhan sel otot.

Sebagian besar tubuh terdiri dari sinyal yang saling bertentangan dalam memberi tahu untuk menumbuhkan otot atau mencegah otot tumbuh. Ini adalah keseimbangan yang membuat sebagian besar dari kita terlihat agak normal.

Namun jika ada kekurangan dalam protein myostatin, maka seseorang dapat menumpuk otot dan terlihat seperti telah berolahraga tanpa henti.

Kondisi kekurangan myostatin ini bisa menyerang hewan apa saja termasuk sapi, domba dan bahkan manusia. Kondisi ini cukup langka yang hanya terjadi selama mutasi dalam proses gen.

Baca Juga: Viral Seekor Kucing Dikira Ngegym karena Berotot Kekar, Faktanya Sungguh Menyedihkan
Bukan Menangis, Ini Cara Kucing Menunjukan Kesedihan Saat Pemiliknya Meninggal

Sementara mengutip laman medlineplus.gov, hipertrofi otot terkait myostatin adalah kondisi langka yang ditandai dengan berkurangnya lemak tubuh dan peningkatan ukuran otot.

Individu yang terkena kondisi ini memiliki hingga dua kali lipat jumlah massa otot di tubuh mereka. Mereka juga cenderung mengalami peningkatan kekuatan otot. Sejauh ini Hipertrofi otot terkait myostatin belum diketahui menyebabkan masalah medis dan individu yang terkena secara intelektual normal.

Video Terkait