Bukan Menangis, Ini Cara Kucing Menunjukan Kesedihan Saat Pemiliknya Meninggal

Ilustrasi kucing (Pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 1 Desember 2021 | 10:15 WIB

Sariagri - Kedekatan antara kucing peliharaan dengan pemiliknya memang tak perlu diragukan lagi. Hewan tersebut bahkan kerap bermanja-manja dan tak bisa jauh dari majikannya tersebut. 

Berbicara soal kedekatan antara pemilik dan kucing peliharaan, baru-baru ini kerap beredar video di media sosial yang menunjukan kesedihan kucing saat ditinggal oleh pemiliknya. Bahkan, banyak yang menyebut jika hewan menggemaskan tersebut juga menangis saat pemiliknya meninggal dunia. 

Fenomena tersebut pun seakan menimbulkan pertanyaan, kenapa kucing menangis saat pemiliknya meninggal?

Dilansir dari berbagai sumber, kucing memang memiliki perasaan dan reaksi emosional. Namun tidak seperti manusia yang bisa menangis, cara hewan tersebut menunjukkan kesedihannya pun berbeda.

Kemungkinan besar kucing menangis merupakan respon terhadap cedera atau penyakit. Biasanya karena iritasi atau alergi. Jika hewan peliharaanmu mengeluarkan air mata berhari-hari, maka langkah terbaik adalah dengan membawanya ke dokter.

Sementara itu, cara kucing menunjukkan kesedihannya biasanya dilakukan dengan bersuara atau mengeong yang lebih keras dari biasanya. Hewan ini juga akan mengeluarkan urin di mana saja. Dia akan menghindari penggunaan litter box.

Kucing yang sedih karena ditinggal pemiliknya juga akan kehilangan nafsu makan. Mereka akan memilih untuk tidur daripada makan. Tak heran ketika mereka bersedih biasanya akan nampak lebih kurus dari biasanya.

Tidur yang dilakukan hewan ini ketika bersedih biasanya akan berlebihan. Hal tersebut dikarenakan perasaan bingung atau sedih yang dialaminya. Mereka juga akan bersembunyi saat sedang sedih. Dia tidak akan tertarik pada hal-hal yang biasanya menarik perhatiannya.

Baca Juga: Bukan Menangis, Ini Cara Kucing Menunjukan Kesedihan Saat Pemiliknya Meninggal
Penumpang Pesawat Kaget Ada Perempuan Menyusui Kucing di Kabin

Oleh sebab itu, jika kamu melihat kucing menangis harus diperhatikan dengan seksama. Langkah cepat memeriksanya adalah dengan meletakkan tangan di atas tubuhnya untuk memeriksa luka, lesi dan benjolan.

Selain itu, periksa juga bagian mulut, hidung dan matanya apakah terdapat kotoran. Periksa pernapasannya apakah berjalan normal atau tidak. Kemudian, periksa bagian pribadinya apakah menemukan sesuatu yang aneh. Tindakan lainnya adalah periksa kotak pasirnya untuk mengetahui penyebab kucing menangis.

Video Terkait