Kisah Dede Menjalani Profesi Sebagai Peternak Ayam Modern, Sekali Panen Omzet Miliaran Rupiah

Dede Pratama, peternak ayam modern omzet miliaran rupiah per panen (Youtube)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Sabtu, 27 November 2021 | 16:00 WIB

Sariagri - Menjalani profesi sebagai peternak memang tidak bisa dianggap sebelah mata. Pasalnya, jika dikelola dengan baik maka hasil panen dari peternakan bisa meraup untung besar. Seperti halnya yang dilakukan oleh Dede Pratama, seorang peternak ayam modern asal Karawang, Jawa Barat.

Berawal dari pedagang ayam di pasar, Dede kini sukses menjadi peternak ayam dengan omzet miliaran rupiah setiap panen. Ia membangun peternakan ayam modern yang berlokasi di Karawang Selatan, Jawa Barat.

"Sebelum saya terjun menjadi peternak, latar belakang saya adalah pedagang ayam di pasar. Kemudian menjadi distributor di salah satu perusahaan unggas kurang lebih 10 tahun," kata Dede, dikutip dari Youtube Start With Dream.

"Nah setelah saya membaca potensinya sekarang saya mencoba untuk menjadi peternak," sambungnya.

Dede menjelaskan satu gedung peternakan ini terdiri dari tiga lantai dengan kapasitas maksimum 75 ribu ekor ayam broiler. Peternakan ini juga dilengkapi dengan teknologi pemberian pakan dan sistem sirkulasi udara otomatis.

Dede mengungkapkan bahwa peternakan miliknya merupakan peternakan pemeliharaan atau penggemukan ayam pedaging. Pemeliharaan atau perawatan ayam pedaging itu sendiri memakan waktu 30-35 hari untuk siap di panen.

Tahap awal dalam pemeliharaan ayam adalah brooding, yakni tahap untuk pemanasan bibit yang masih kecil berumur 1-14 hari. Setelah berumur 14 hari ke atas, ayam akan mulai beradaptasi dengan lingkungan dan suhu di sekitarnya.

"Jadi kalau di ayam broiler ini ketika ayam kecil butuh panas atau hangat saat sudah besar dia (ayam) butuh suhu yang dingin," pungkasnya.

Baca Juga: Kisah Dede Menjalani Profesi Sebagai Peternak Ayam Modern, Sekali Panen Omzet Miliaran Rupiah
Kisah Joshua, Lulusan S2 dari ITB yang Pilih Jadi Peternak Ayam di Masa Pandemi

Adapun yang perlu diantisipasi ketika memelihara peternakan ayam modern, yaitu sumber tenaga listrik. Pasalnya, 90 persen peralatan di kandang peternakan modern menggunakan alat otomatis yang membutuhkan tenaga listrik.

"(Tenga listrik) berpengaruh ya, karena dari segi pakan, minum dan suhu itu sudah diatur secara otomatis. Yang harus kita siapkan adalah tenaga listrik yang harus optimal," pungkasnya.

Video Terkait