Fakta: Kucing Dapat Melacak Keberadaan Pemiliknya Berdasarkan Suara

Seekor kucing hilang ditemukan kembali oleh Anjing (World of Buzz)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 22 November 2021 | 20:10 WIB

Sariagri - Kucing memilik banyak fakta menarik yang jarang diketahui. Sebuah studi baru menemukan kalau kucing memiliki kemampuan untuk melacak keberadaan pemiliknya berdasarkan suara.

Pada tingkat kesadaran tertentu, kucing secara mental memetakan posisi tempat berdasarkan petunjuk audio di lingkungan, termasuk suara pemiliknya. 

Kemampuan untuk mengetahui keberadaan orang lain ini adalah bentuk dari apa yang disebut kognisi sosio-spesial, di mana hewan mengawasi secara mental lokasi yang disimpulkan dari anggota kelompok lain, bahkan meski tidak terlihat.

Peneliti dari Universitas Tokyo, Saho Takagi dan tim melakukan penelitian soal bagaimana kucing peliharaan menanggapi suara pemiliknya. Melansir New Scientist, Jumat (12/11/2021) takagi dan kawan-kawan mempelajari 50 kucing domestik. Ada 27 di antaranya tinggal di kafe kucing, sedangkan 23 sisanya adalah kucing rumahan.

Tim peneliti tersebut menempatkan setiap kucing sendirian di ruang uji dengan dua pintu dan jendela. Kemudian, mereka meletakkan pengeras suara di luar ruangan, dekat salah satu pintu. Pengeras suara yang lain juga diletakkan dekat pintu lainnya atau dekat jendela. Dua pengeras suara tersebut setidaknya berjarak 4 meter.

Semua speaker kemudian memainkan suara pemilik kucing, anggota keluarga, pemilik kafe kucing, atau suara orang asing yang memanggil nama kucing-kucing tersebut. Masing-masing diperdengarkan dari speaker yang sama atau berbeda, sebanyak dua kali dengan jarak 2,5 detik.

Baca Juga: Fakta: Kucing Dapat Melacak Keberadaan Pemiliknya Berdasarkan Suara
Viral Video Pesta Mewah Ulang Tahun Kucing, Warganet Jadi Minder

Hasil penelitian mereka menunjukkan, kucing menggerakkan telinga atau mengubah arah kepala saat suara pemiliknya atau suara orang asing dimunculkan. Namun, reaksi berbeda tampak ketika kucing diperdengarkan suara pemiliknya. Kucing akan menunjukkan reaksi terkejut karena seakan pemiliknya melakukan teleportasi.

Temuan studi yang menunjukkan bahwa kucing punya kemampuan melacak lokasi pemiliknya dari suara ini telah dipublikasikan di PLOS One.

Video Terkait