Dijamin Ampuh, Ini 4 Cara Mengusir Laron dari Rumah Tanpa Mematikan Lampu

Ilustrasi laron (flickr)

Editor: Dera - Kamis, 4 November 2021 | 10:00 WIB

Sariagri - Masuknya kawanan laron ke dalam rumah mungkin terasa menyebalkan. Bagaimana tidak, kamu pasti sangat terganggu dengan adanya laron yang berterbangan di bawah lampu rumahmu. Mau tidak mau, kamu harus mematikan seluruh lampu bahkan alat elektronik yang mengeluarkan cahaya.

Memasuki musim hujan seperti saat ini, laron memang sering muncul. Mungkin awalnya laron-laron tersebut hanya berkerumun di sekitaran lampu jalan saja. Tapi, lama kelamaan, kawanan laron akan mencari cela untuk untuk masuk ke dalam rumah karena tertarik dengan cahaya lampu di dalam.

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara mengusir laron secara tepat agar hewan tersebut bisa pergi dari rumahmu. Penasara apa saja? 

Berikut beberapa cara mengusir laron dari rumah.

1. Nyalakan Lilin

Jika kumpulan laron yang masuk rumah sudah terlalu banyak, kamu bisa segera menyalakan lilin. Caranya kamu bisa menaruh lilin yang sudah dinyalakan dan di taruh di dalam sebuah wadah seperti mangkuk. Nantinya lilin akan mengambang di atas air. Lalu, mangkuk ini kemudian ditempatkan lagi di dalam wadah besar seperti baskom.

Nah, pasti nanti kumpulan laron akan mengerubungi lilin dan pada akhirnya akan jatuh ke dalam baskom. Meski merepotkan, cara ini sendiri bisa mencegah laron terbang ke mana-mana.

2. Pakai Semprotan Pembasmi Serangga

Nah, cara mengusir laron yang satu ini sih terbilang cukup mudah. Jika laron yang masuk rumah sudah terlanjur banyak, tidak ada salahnya bukan menggunakan semprotan serangga. Namun, kamu juga harus siap menyapu lantai yang kotor karena banyak Laron yang berjatuhan.

Baca Juga: Dijamin Ampuh, Ini 4 Cara Mengusir Laron dari Rumah Tanpa Mematikan Lampu
Sederat Fakta Unik Laron, Serangga dengan Siklus Hidup dan Kisah 'Percintaan' yang Tragis

3. Gunakan Cabai Merah

Selain jadi bumbu dapur, cabai merah juga bisa mengusir laron loh. Caranya, kamu cukup mengiris cabai merah, lalu menggantungnya di dekat lampu. Nah, aroma cabai ini ternyata sangat ampuh. Pasalnya, laron tidak suka dengan aroma dari cabai merah.

4. Tanam Rumput Vetiver

Jika kamu memiliki pekarangan rumah, kamu bisa menanam rumput vetiver. Aroma yang dikeluarkan rumput ini mengandung zat nootkatone yang tidak disukai laron, rayap, kecoa, kutu, hingga semut. Kamu juga bisa menanamnya dalam pot dan menaruh di dalam rumah untuk mengusirnya.

 

Video Terkait