Inilah Alasan Mengapa Kucing Suka Menghadang Jalan dan Melingkari Kaki Pemiliknya

Ilustrasi kucing (Pexels)

Penulis: Rashif Usman, Editor: M Kautsar - Senin, 4 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Sariagri - Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai banyak orang karena tingkahnya yang menggemaskan. Ada berbagai macam perilaku kucing yang menjadi daya tarik bagi para penggemarnya.

Salah satu perilaku kucing yang lucu adalah ketika senang melingkari kaki serta menghadang jalan pemiliknya. Lantas, apa maksud dari tingkahnya yang satu ini?

Berikut alasan mengapa kucing suka menghalangi jalan dan melingkari kaki pemiliknya, dikutip dari Cuteness.

1. Mencari perhatian

Kucing sedang mencari perhatian saat melingkari kaki pemiliknya. Hal ini dilakukan ketika kucing merasa tidak mendapat perhatian yang cukup sehingga berusaha menarik perhatian sang pemilik.

Adapun cara untuk menghentikan perilaku yang satu ini, yaitu dengan memberinya kasih sayang secara acak namun rutin, sehingga mereka tidak merasa perlu untuk mengingatkan kamu dengan cara melingkarkan ekor ke kaki atau menghentikan jalanmu.

2. Menunjukan kegembiraan

Ada kemungkinan bahwa kucing merasa gembira ketika melihat langkah kaki pemiliknya karena mereka berpikir bahwa kamu tengah memberinya makan. Apalagi ketika kamu bergerak atau berjalan di wilayah mereka pada waktu makan. Selain itu, bisa juga kucing sedang mengajak kamu bermain sehingga menghadang langkah kaki kita.

3. Sebagai bentuk pelukan

Kucing yang suka melingkarkan ekornya di sekitar betis kita, sebenarnya bisa jadi kucing tengah memeluk kamu dengan ramah. Hewan satu ini memang dianggap sebagai makhluk penyendiri, namun sejumlah penelitian menunjukan bahwa di kucing sebetulnya sangat berorientasi pada kawanan.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Kucing Suka Menghadang Jalan dan Melingkari Kaki Pemiliknya
Bisakah Makanan Anjing Dikonsumsi Kucing? Ini Penjelasannya

Usai berburu, kucing liar akan bergesekan satu dengan lainnya dan melingkarkan ekornya sebagai cara mereka berkomunikasi. Oleh karenanya, menjadi hal yang wajar ketika kucing suka melingkarkan ekornya di dekatmu.

4. Kucing 'menggembala'

Kucing kerap kali menginjak atau menggosok kaki pada pemiliknya dengan tujuan meminta sesuatu yang mereka butuhkan. Meski mereka tidak menggiring kamu, akan tetapi tindakan tersebut tepah dipelajari kucing untuk mengendalikan kamu.

Video Terkait