Bisakah Makanan Anjing Dikonsumsi Kucing? Ini Penjelasannya

Ilustrasi makanan anjing (Foto:Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: M Kautsar - Selasa, 22 Juni 2021 | 20:50 WIB

SariAgri -  Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit bagi sebagian besar masyarakat Tanah Air. Sebab, hewan ini memiliki tingkah laku yang menggemaskan dan lucu. Banyak orang yang memelihara kucing dari kecil hingga dewasa.

Sama dengan peliharaan lainnya seperti anjing, kucing juga membutuhkan asupan nutrisi bergizi untuk pertumbuhannya. Namun, apakah makanan anjing boleh dikonsumsi kucing?

Ternyata makanan anjing tidak beracun dan aman dikonsumsi oleh kucing. Tetapi ada beberap pertimbangan sebelum memberikan makanan anjing pada kucing, seperti dikutip dari dailypaws

Adakah Manfaat Nutrisi Makanan Anjing untuk Kucing?

Anjing dan kucing tidak hanya berbeda dalam perilaku, mereka juga berbeda dalam kebutuhan nutrisi. Kucing adalah hewan karnivora, di mana mereka bergantung pada nutrisi yang ditemukan dalam produk hewani.

Di sisi lain, anjing adalah omnivora yang kebutuhan nutrisinya meliputi produk hewani dan tumbuhan, seperti biji dan sayuran.

Ini menunjukan bahwa makanan komersial yang lengkap dan seimbang untuk anjing, tidak lengkap dan seimbang untuk kucing. Misalnya, taurin adalah asam amino yang harus didapatkan kucing dalam makanannya. Sedangkan anjing mampu menghasilkan taurin mereka sendiri.

Apakah Makanan Anjing Aman Untuk Kucing?

Makanan anjing tidak beracun bagi kucing, jadi jika hewan peliharaan kamu makan sedikit di sana-sini, itu tidak akan membuat kucingmu sakit. Namun, Layanan Nutrisi Klinis mengatakan ada beberapa peringatan penting yang perlu diingat.

Pertama, makanan anjing dianggap aman untuk kucing yang sehat. Jadi jika kucing kamu memiliki kondisi kesehatan, aturan umum ini tidak berlaku.

Kedua, setiap kucing unik dan bisa sangat bervariasi dalam menoleransi makanan tertentu. Kucing harus dipertimbangkan secara individual karena beberapa kucing dapat mengonsumsi makanan tertentu tanpa masalah.
 
Ketiga, perhatikan ukuran porsi dan frekuensi makan. Jika kucing terbiasa makan makanan anjing dalam jangka panjang, maka kucing tidak bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya.



Haruskah Kucing Makan Makanan Anjing?

Baca Juga: Bisakah Makanan Anjing Dikonsumsi Kucing? Ini Penjelasannya
Sering Dianggap Horor, Ternyata Ini Alasan Anjing Melolong di Malam Hari



Intinya makanan anjing tidak bisa mengganikan makanan kucing. Sebab kucing memiliki kebutuhan nutrisi khusus yang harus dipenuhi oleh makanan mereka.

Cara paling sederhana dan paling nyaman untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing adalah memberi mereka diet komersial lengkap dan seimbang yang diformulasikan oleh ahli gizi.

Video Terkait