Hewan Ternak Warga Sering Hilang Misterius, Ternyata Biang Keroknya Ular Piton Raksasa

Warga lakukan evakuasi terhadap ular piton yang memangsa ayam milik warga. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 10 Januari 2022 | 18:30 WIB

Sariagri - Warga Desa Sumber Rejo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, dihebohkan dengan temuan seekor ular piton (reticulated python) berukuran sangat besar bersembunyi di dalam kandang ayam.

Ular piton sepanjang empat meter ini, diketahui pertama kali oleh pemilik ternak ayam yang hendak memberi pakan. Ia sangat terkejut melihat saat itu ular tengah berusaha menelan seekor ayam di sebuah blok kandang.

“Saya kaget bukan main, pas buka pintu kandang mau ngasi makan ayam menjumpai seekor ular besar sekali tengah menelan ayam milik saya. Sebelumnya saya duga, ular itu telah makan dua ekor dan yang ditelan saat itu adalah ayam ketiga. Karena dalam 1 blok berjumlah 5 ekor, tinggal 2 yang masih tersisa,” ujar pemilik ternak ayam, Pujiyanto kepada Sariagri, Senin (10/1/22).

Ia menyebutkan saat berusaha menelan ayam itu, ular terlihat lamban dan kekenyangan sehingga dibantu beberapa warga bisa dengan mudah dilumpuhkan. Namun saat akan dievakuasi, ular mencoba berontak sehingga mengakibatkan beberapa warga yang menangkap kualahan dan terjatuh akibat dibelit tubuh ular.

“Saking kuatnya tenaga ular dan badannya yang besar saya dan dua orang lainnya terjatuh akibat berusaha dibanting dan dibelit,” terangnya.

Sementara itu, peternak lain Damanhuri mengatakan dalam satu bulan terakhir, di kampungnya memang sering kejadian hewan ternak terutama unggas tiba-tiba hilang.

Baca Juga: Hewan Ternak Warga Sering Hilang Misterius, Ternyata Biang Keroknya Ular Piton Raksasa
Viral Video Aksi Pencurian Hewan Ternak Terekam CCTV di Jambi

“Ternyata ini (ular) biang keroknya. Pantesan banyak hewan ternak hilang terutama ayam dan bebek yang dimakan ular piton. Semoga saja tidak ada lagi peternak yang melapor ternaknya hilang. Kalau masih ada yang hilang, berarti ular ini ada pasangannya dan harus segera ditangkap pula,” kata Damanhuri.

Ular piton raksasa itu, selanjutnya diamankan dalam karung dan akan diserahkan kepada pecinta reptil jika ada yang berminat.

Video Terkait