Inspiratif! Pemuda Ini Resign dari Pegawai BUMN Pilih Sukses Beternak Kambing

Cerita Mantan Pegawai BUMN Sukses Beternak Kambing di Usia Muda (Youtube)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Sabtu, 4 Desember 2021 | 14:00 WIB

Sariagri - Beternak hewan emmang masih menjadi suatu pekerjaan yang seringkali jarang diminati bagia sebagian besar generasi muda. Namun, berbeda dengan pemuda satu ini.

Kegiatan beternak justru dipandang Fuad Paturohman sebagai salah satu peluang besar untuk mendulang keuntungan. Bahkan Fuad rela melepas kenyamanan sebagai seorang pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk sesuatu yang belum pasti.

Mengtup dari kanal Youtube Jagadtani TV, Fuad mengisahkan awal keputusannya beralih ke pekerjaan beternak kambing. Dulunya ketika masih menjadi pegawai BUMN, ia pernah mencoba dunia ternak kambing namun masih sebagai perantara atau istilahnya calo.

"Awal mulanya sih kalau terjun menjadi peternak baru 3 tahun ini, tapi awalnya itu saya adalah pedagang atau bahasanya sekarang itu calo kambing. Itu udah dari 2013 ketika saya masih bekerja di sebuah perusahaan di Jakarta," kata Fuad.

"Dulu saya memang bekerja di BUMN masuk tahun 2012, lalu satu tahun kemudian mulailah ada jalan cerita saya terjung ke dunia ternak kambing," sambungnya.

Fuad mengakui tak pernah terbersit sebelumnya untuk menjadi seorang peternak kambing. Bahkan ia sempat menganggap usaha ternak kambing sebagai pekerjaan yang remeh. Akan tetapi, ia segera berpikiran terbuka lalu mencoba cari keuntungan dari usahanya saat itu.

"Dulu saya melirik dunia kambing itu sama hal kayak yang lain apa sih cuman seekor kambing. Kemudian saya akhirnya mulai penasaran dengan harga-harga kambing, harus dapat cuan nih," ujarnya.

Pada awal-awal menjadi seorang peternak, Fuad mengatakan ada pandangan negatif dari orang sekitarnya. Beberapa kawan yang datang ke kandangnya itu kerapkali mengejek usahanya itu. Meski demikian, ia tak pantang menyerah dan pandangan negatif itu menjadi penyemangat dalam usaha ternak kambing miliknya.

"Di tahun ketiga saya menggeluti dunia dagang, hasilnya itu pasti saya sisihkan. Sebagian saya tabung lalu saya buat kandang, dulu bilik bambu. Kalau teman lagi kesini, apa ini kandang begini," ujarnya.

Baca Juga: Inspiratif! Pemuda Ini Resign dari Pegawai BUMN Pilih Sukses Beternak Kambing
Kisah Sukses Peternak Kambing Mini Nigerian, Hewan Peliharaan Baru yang Punya Potensi Besar

Kini usaha ternak kambing milik Fuad semakin berkembang. Ia juga telah mendapatkan keuntungan berlipat di usianya yang terbilang muda. Salah satu hal yang mendasari baginya untuk beralih menjadi peternak kambing yaitu adanya keyakinan diri.

"Ini adalah salah satu sunnah Rasulullah yaitu menggembala hewan, kambing. Dan banyak sejuta manfaat dari ternak kambing ini," pungkasnya.

Video Terkait