Unik! Ini 5 Cara Hewan Melindungi Diri, Ada yang Menyemprotkan Cairan Lewat Anus

Ilustrasi kadal bertanduk. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 30 November 2021 | 13:10 WIB

Sariagri - Setiap hewan memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dan melindungi diri. Apalagi saat merasa terancam, ia akan melakukan beberapa cara untuk tetap bertahan.

Ada beberapa cara unik yang dilakukan hewan ketika berusaha melindungi diri.  Di alam liar hewan hanya memiliki dua peran yaitu mangsa atau predator.

Keduanya memiliki peran dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Meskipun berperan sebagai mangsa, bukan berarti hewan tersebut akan pasrah.

Mereka telah memiliki mekanisme dalam dirinya untuk melindungi diri saat merasa terancam. Cara melindungi diri ada yang menggunakan bisa beracun, berkamuflase, ada juga yang menyemprotkan zat menjijikan. Hal tersebut dilakukannya semata-mata untuk melindungi diri dari serangan musuh atau predator. 

Berikut 5 Hewan yang Memiliki Cara Unik untuk Melindungi Diri, seperti dirangkum dari IFL Science:

1. Semut Malaysia Meledakkan Diri 

Meledakkan diri adalah cara yang dilakukan oleh semut malaysia (C. saundersi) juga rayap dari Guyana Prancis (N. taracua). Keduanya melindungi diri dengan cara meledak. Hal itu dilakukannya agar terhindar dari musuhnya.

Semut malaysia memiliki kelenjar penuh racun di dalam tubuhnya. Saat merasa terancam ia akan mengerutkan perutnya hingga kelenjar tersebut meledak dan menembakkan racun ke musuhnya. 

2. Kadal Bertanduk Menyemburkan Darah

Kadal bertanduk dapat menyemburkan darah melalui kelopak matanya. Saat merasa terancam ia akan meningkatkan tekanan darah di kepalanya sehingga pembuluh darah di sekitar kelopak mata menjadi pecah.

Dengan begitu darah akan menyembur sehingga membuat predator jijik. Namun hal itu berisiko karena kadal akan kehilangan sepertiga dari total suplai darahnya. Tentunya hal itu berisiko hingga kematian. 

3. Katak Berbulu Mematahkan Tulang

Katak berbulu saat merasa terancam oleh predator akan mematahkan tulangnya hingga menusuk kulit agar seperti cakar. Hal itu dilakukan tentu saja untuk melindungi diri. Selain katak berbulu, kadal air berusuk juga mendorong tulang rusuknya hingga menembus kulit.

Baca Juga: Unik! Ini 5 Cara Hewan Melindungi Diri, Ada yang Menyemprotkan Cairan Lewat Anus
Fakta Unik Wombat, Hewan Endemik Australia dengan Kotoran Berbentuk Kubus

Setelahnya ia akan mengeluarkan racun melalui pori-pori yang baru terbentuk sehingga musuhnya tidak akan memangsanya.

4. Burung Fulmar Menyemprotkan Minyak Busuk

Burung fulmar secara fisik tampak normal seperti burung lainnya. Namun burung yang satu ini memiliki kemampuan melindungi diri yang cukup mengerikan, yaitu dengan menyembur dan memuntahkan minyak busuk pada perutnya ke wajah predator. 

5. Kumbang Bombardier Menyemprotkan Cairan Lewat Anus

Cara unik lain hewan melindungi dirinya yaitu dengan menyemprotkan cairan melalui anusnya. Hal itu dilakukan kumbang bombardier saat merasa terancam.
 
Kumbang yang satu ini menyimpan dua bahan kimia dalam kelenjarnya. Saat merasa terancam ia akan meremas reservoir lalu bahan kimia tersebut akan tercampur dan bereaksi hingga menyembur keluar.

Video Terkait