Layaknya James Bond, Hewan-Hewan Ini Dilatih untuk Jadi Mata-Mata

Ilustrasi tupai. (pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 5 November 2021 | 08:00 WIB

Sariagri - Menjadi seorang mata-mata tentu bukan hal yang mudah untuk dijalani, terlebih jika musuh tahu, maka nyawa pun menjadi taruhannya.

Guna menghindari berbagai risiko dalam menjalani tugas tersebut, akhirnya banyak yang menggantikan tugas tersebut dengan hewan. Pasalnya, jika hewan dilatih secara profesional, bukan tidak mungkin hewan-hewan tersebut dapat menjadi agen mata-mata.

Dikutip laman OnePlanet, faktanya, pemanfaatan hewan dalam tugas intelijen sudah ada selama lebih dari 100 tahun. Pada zaman dahulu, burung merpati digunakan untuk mengantarkan pesan.

Bahkan saat ini, tubuh hewan akan ditanamkan teknologi microchip yang berfungsi sebagai alat penyadap atau merekam aktivitas musuh.

Lantas, hewan saja yang digunakan sebagai mata-mata? Berikut ulasannya.

1. Tupai

Melansir laman Parstime, ada sekitar 14 tupai yang tertangkap sebagai mata-mata pada tahun 2007. Lebih lanjut lagi, belasan tupai ini merupakan mata-mata yang sudah dilatih oleh pihak Barat. Bahkan pihak Iran menemukan bahwa tupai ini sudah dibekali dengan peralatan spionase seperti navigasi, peralatan bugging dan kamera.

2. Kadal

Melansir artikel dari Desalat, pimpinan militer Iran, Hazan Firuzabadi memberi tahu Ayatullah Ali Khamenei tentang adanya kadal dan salamander yang bisa digunakan pihak Barat menjadi mata-mata.

Menurut pernyataan dari Hazan, ada kemungkinan kedua jenis hewan ini digunakan untuk mencari tambang uranium dan lokasi nuklir. Hal itu lantaran kulit kadal bisa menarik gelombang nuklir.

3. Lumba-lumba

Pada 2015, surat kabar Al Quds mengabarkan bahwa ada petugas keamanan Hamas di perbatasan Gaza menangkap seekor lumba-lumba yang dilengkapi dengan kamera di pantai. Bahkan, lumba-lumba ini juga dilengkapi dengan panah yang bisa ditembakkan ke manusia menggunakan kendali jarak jauh.

Diduga, hewan tersebut dikirim dari Israel sebagai mata-mata oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) Amerika Serikat. Diyakini juga bahwa DARPA juga melatih hiu, paus beluga dan anjing laut menjadi mata-mata.

4. Kucing

Pada tahun 1960, Central Intelligence Agency (CIA) diketahui membuat proyek yang bernama Accoustic Kitty. Proyek ini melatih para kucing untuk dijadikan agen pengintai yang nantinya digunakan oleh Agen Intelijen Amerika untuk kebutuhan perang dingin.

Baca Juga: Layaknya James Bond, Hewan-Hewan Ini Dilatih untuk Jadi Mata-Mata
Sambut Hari Kucing Sedunia, Ini Fakta-fakta Mengenai Kucing

Accoustic Kitty menanamkan transmitor kecil kerangka kucing dan menempatkan mikrofon di saluran telinga kucing. Namun, menurut pemberitaan, program ini dikabarkan tidak berjalan sesuai rencana karena kesalahan teknis dan perilaku hewan.

5. Lalat

Army Research Laboratory saat ini telah mengembangkan robot yang menyerupai lalat. Nantinya, robot lalat ini akan menjadi alat mata-mata. Bahkan, lembaga riset ini mengatakan robot lalat ini kecil kemungkinannya untuk terdeteksi oleh lawan.

 

Video Terkait