Catat! Ini Gejala COVID-19 pada Hewan yang Perlu Diketahui

Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta, terpapar COVID-19 (Antara/HO.Taman Margasatwa Ragunan)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Selasa, 3 Agustus 2021 | 12:20 WIB

SariAgri - Dua harimau Sumatera yang berada di Taman Margasatwa Ragunan dikabarkan sempat terinfeksi COVID-19. Keduanya diberi nama Hari dan Tino itu dinyatakan positif COVID-19 pada 15 Juli lalu. Gejala yang dialami kedua harimau tersebut meliputi sesak napas, lemas hingga flu.

Tak hanya harimau, ternyata binatang lain termasuk hewan peliharaan juga dapat terinfeksi Covid-19. Maka dari itu penting untuk mengenali gejala Covid pada hewan agar dapat melakukan langkah penanganan yang tepat.

Mengutip dari laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amera Serikat (CDC), sebagian besar hewan yang terpapar virus Corona disebabkan oleh kontak dekat dengan manusia yang terinfeksi COVID-19.

Maka dari itu, CDC menyarankan untuk selalu memantau gejala hewan peliharaan untuk mendeteksi penyakit COVID-19. Berikut gejala COVID-19 pada hewan.

Baca Juga: Catat! Ini Gejala COVID-19 pada Hewan yang Perlu Diketahui
Kisah Peternak Hamster yang Raup Cuan hingga Puluhan Juta di Masa Pandemi

- Demam
- Batuk
- Kesulitan Bernapas
- Lesu
- Bersin
- Pilek
- Terdapat Kotoran pada Mata
- Muntah
- Diare

Namun, jika hewan mengalami gejala yang semakin parah, CDC menyarankan untuk segera menghubungi dokter hewan terdekat. Ikuti arahan dokter hewan agar mendapat penangan yang lebih baik.

Menurut data CDC, hingga saat ini risiko hewan menyebarkan virus Corona kepada manusia diklaim rendah. Belum ada bukti penelitian bahwa COVID-19 bisa menyebar ke manusia melalui kulit, bulu atau rambut hewan peliharaan.

Video Terkait