Tokek Setan Ekor Daun Madagaskar, Si Pemarah yang Pandai Berkamuflase

Uroplatus phantasticas atau Tokek Setan Ekor Daun Madagaskar. (Foter)

Editor: Dera - Senin, 17 Mei 2021 | 10:30 WIB

SariAgri - Menyamar dan berkamuflase adalah kemampuan yang banyak ditemui di dunia binatang. Di antara spesies hewan, tokek setan ekor daun Madagaskar mungkin satu dari sedikit binatang yang memiliki ketrampilan menyamar secara sempurna.

Tokek setan ekor daun adalah spesies endemik yang hidup di wilayah Madagaskar. Hebatnya, hewan bernama latin Uroplatus phantasticas ini terkenal sangat ahli dalam berkamuflase alias menyamar.

Selain warna coklat daun, tokek ini bahkan dapat berkamuflase ke dalam beberapa warna sesuai kondisi lingkungan, seperti abu-abu, hijau hingga oranye. Ekornya yang menyerupai daun dapat membuat hewan ini secara sempurna tidak terlihat saat berada di pepohonan.

Melansir The Dodo, di hutan hujan tempat tokek kecil ini hidup, ada banyak predator yang jauh lebih besar. Untuk bertahan hidup, mereka harus pandai bersembunyi dan cara terbaik adalah menyatu dengan lingkungan mereka.

Baca Juga: Tokek Setan Ekor Daun Madagaskar, Si Pemarah yang Pandai Berkamuflase
Korea Selatan Turunkan Tingkat Kewaspadaan Flu Burung

Kulit tokek memiliki punggung yang terlihat seperti urat daun dan ekornya berbentuk daun. Sesuai namanya yang menyeramkan, tokek ini juga memiliki lidah merah panjang sebagai fitur tambahan untuk menakuti predator. Saat merasa terancam dan menghadapi bahaya, mereka bahkan dapat mengelurkan suara amat keras, sambil membuka mulut lebar-lebar.

Tokek setan ekor daun adalah hewan noktural yang aktif pada malam hari. Selain habitat yang amat terbatas, hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur, di mana tokek dewasa dapat mencapai panjang sekitar 9 cm.

Video Terkait