Ini Pentingnya Pakan Alternatif untuk Kambing

Ilustrasi kambing. (Foto: Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 16 Januari 2023 | 22:00 WIB

Sariagri - Tak sedikit dari para peternak kambing yang meragukan untuk memberikan pakan alternatif. Padahal, pakan alternatif tetap diperlukan meski pakan berupa hijauan cukup berlebih.

Selain bisa membuat hewan ternak menjadi lebih sehat, pakan alternatif ini juga bisa menekan angka pengeluaran bagi para peternak.

Untuk membuatnya, kamu bisa melakukannya sendiri dengan beberapa bahan yang biasa dijadikan pakan ternak kambing alternatif. Bahan–bahan tersebut adalah rumput, hijauan, ramban atau legum dan limbah pertanian.

Beberapa bahan yang disebutkan tadi, di antaranya bisa menjadi alternatif satu sama lain, saling melengkapi. Bahkan, akan lebih baik dengan menggunakan kombinasi antar bahan.

Mengingat pentingnya asupan pakan alternatif peternakan sangat dianjurkan untuk memberikannya, terutama untuk takaran dan sebagainya.

Selain itu, pakan alternatif ini bisa dijadikan suplemen guna meningkatkan berat badan setiap harinya, dan kesehatan ternak. Apalagi bagi para peternak yang berada di daerah dengan tingkat hujan yang tinggi.

Baca Juga: Ini Pentingnya Pakan Alternatif untuk Kambing
Kota Kretek Latih Peternak Kambing Buat Pakan Fermentasi

Pasalnya, daerah ini akan kurang baik bagi kambing, walaupun daerah tersebut dapat menyediakan sumber pakan hijauan yang banyak. Sebab, intensitas hujan yang tinggi dapat menyebabkan tingkat kelembaban yang tinggi.

Kondisi tersebut kurang baik karena bisa menyebabkan ternak mudah terserang penyakit, salah satunya flu.

Kekurangan nutrisi pada kambing disebabkan akibat dari ketidakseimbangan pemberian konsentrat, hijauan serta mineral meski sudah diberikan pengobatan berupa injeksi kalsium, vitamin dan terapi cairan.