Kunjungi Peternak Terdampak PMK, Wapres Ingatkan Hewan Kurban Harus Sehat

Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf Amin peternak sapi di Lombok, NTB. (Sariagri/Yongki)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 30 Juni 2022 | 17:50 WIB

Sariagri - Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf Amin mengunjungi kandang kumpul para peternak di Dusun Reyan Baru, Desa Gerung Selatan, Kecamatan Gerung, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Kamis (30/6/2022). Selain memantau kondisi sapi peternak, Wapres juga memastikan ketersediaan obat dan berjalannya program vaksinasi untuk mengentaskan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak sapi warga.

"Saya pada hari ini hadir untuk melihat peternakan yang ada di kampung Reyan baru," ujar Wapres.

Sebanyak 327 ekor sapi di kandang kumpul dalam kondisi sehat dan ada yang telah sembuh dari PMK. Kendati demikian, Wapres tetap meminta pemerintah daerah dan peternak mengoptimalkan program vaksinasi dan penyaluran obat-obatan untuk melawan wabah PMK.

"Menurut penjelasan yang saya dapat, ternyata kemarin ini seratus persen kena PMK semua, setelah ada upaya para peternak dibantu Kementrian Pertanian ternyata sekarang sembuh semua," katanya.

Wapres menerangkan secara keseluruhan dalam upaya mengentaskan wabah PMK, pemerintah mengambil langkah untuk melakukan vaksinasi di sejumlah Daerah, langkah ini dilakukan pada hewan sapi yang sudah sehat. 

"Jadi ini sapi yang sehat divaksin untuk meningkatkan kekebalan, dan sapi yang terkena ini tentu dilakukan pengobatan," katanya. 

Dia meminta petugas kesehatan agar lebih optimal melakukan pencegahan PMK sebagai upaya memastikan kesehatan hewan ternak, terutama yang akan dijadikan hewan kurban saat idul Adha.

"Diperhatikan jangan sampai di musim kurban ini ada sapi yang berpenyakit kemudian dilakukan distribusi ke daerah lain," katanya.

Wapres berpesan agar semua peternak tetap menjaga kondisi kesehatan sapi mereka, untuk menjamin kelayakan hewan kurban. 

Kedatangan wapres ini disambut baik para peternak, mereka berharap diberikan bantuan berupa sarana dan prasarana kandang sapi yang lebih layak, untuk memaksimalkan produksi sapi di tengah PMK. 

"Yang kita minta pada pak wakil presiden ini dibuatkan tembok kandang sapi karena anak-anak sapi ini sering keluar masuk, kita tidak bisa kontrol," Kata Sudirman, Ketua Kelompok Ternak Sapi Reyan.

Baca Juga: Kunjungi Peternak Terdampak PMK, Wapres Ingatkan Hewan Kurban Harus Sehat
Kepala BNPB: Teknis Penanganan PMK Sama seperti Covid-19

Kedatangan Wapres kata Sudirman diharapkan dapat mempercepat kesembuhan sapi para peternak dengan adanya bantuan dari pemerintah berupa vaksin dan obat obatan. 

"Kita berharap agar sapi kita tidak lagi tertular PMK supaya bisa berkembang dan dijual sesuai dengan biaya produksinya," harapnya. 

 

Video Terkait