Wabah PMK, Pengunjung Kecewa Dilarang Memberi Makan Rusa Istana Bogor

Rusa-rusa di Istana Bogor. (Antaranews)

Editor: M Kautsar - Senin, 27 Juni 2022 | 18:15 WIB

Sariagri - Adanya kebijakan pelarangan memberi makan hewan rusa di Istana Bogor yang dikeluarkan Pemerintah Kota Bogor beberapa waktu lalu, membuat sejumlah wisatawan luar kota dan warga, harus menelan kecewa, Minggu (26/06). Beberapa pengunjung bahkan telah menyiapkan sayuran wortel yang menjadi makanan favorit rusa.

Mereka pun terpaksa mengurungkan niatnya tersebut karena adanya pengawasan dari petugas Satpol PP dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres) yang melakukan patrol keliling area Istana Bogor. Meski menelan kekecewaan karena tidak bisa membahagiakan putra putrinya, para pengunjung pun terlihat mematuhinya.  

"Kebetulan kita tinggal di Karawang sengaja datang kesini untuk liat rusa disini, tapi pas datang kesini gak boleh dikasih makan. Kalo dibilang kecewa yah kecewa, tapi balik lagi peraturan pemerintah, yah kita patuh aja," tutur Risky, salah satu pengunjung.

Ia pun memahami, kebijakan tersebut dikeluarkan pemkot Bogor guna mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang saat ini melanda Kota Bogor. Akibat adanya pelarangan ini, para pengunjung juga terpaksa mencari tempat wisata lainnya, untuk menghabiskan waktu libur akhir pekannya.

“Nggak masalah sih, masih bisa jalan jalan cari tempat wisata lain," tutur Hadi, pengunjung lainnya.

Akibat adanya pelarangan ini, pengunjung pun terlihat hanya bisa melihat hewan rusa dari luar pagar Istana.

Sementara itu Kepala Bidang Penegak Perda (Gakperda) Satpol PP Kota Bogor Asep Setia Permana menuturkan, larang memberi makan rusa ini sesuai aturan yang dikeluarkan Walikota Bogor Bima Arya guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). Selain melakukan sosialisasi dengan cara berpatroli kepada pengunjung, pihaknya juga menertibkan para pedagang wortel yang biasa berjualan di kawasan tersebut untuk sementara waktu.

Baca Juga: Wabah PMK, Pengunjung Kecewa Dilarang Memberi Makan Rusa Istana Bogor
Cegah Penyebaran PMK, Warga Dihimbau Tidak Beri Makan Rusa Istana Bogor

"Di Istana Bogor untuk sementara tidak diperbolehkan bagi warga masyarakat memberi makan rusa,karena dikhawatirkan menjadi carrier yang mengakibatkan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). Jadi petugas kita patroli terhadap masyarakat yang ada di Istana, guna mencegah warga yang sekedar mencoba memberi makan. Tapi Alhamdulillah setelah kita berpatroli tidak ada warga yang memberi makan. Karena yang jadi sasaran bukan hanya warga saja tapi pedagang wortelnya juga," ucap Asep.   

Pihaknya kini melakukan pengawasan kebijakan tersebut dan difokuskan pada akhir pekan, yakni hari Sabtu dan Minggu dan akan terus dilakukan sampai wabah PMK ini sudah bisa selesai dilakukan penanganan.

Video Terkait