Industri Lebah di Australia Di-lockdown Usai Ditemukannya Parasit

Sarang lebah madu. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Senin, 27 Juni 2022 | 15:40 WIB

Sariagri - Zona Keamanan Hayati Darurat telah diberlakukan untuk menghentikan pergerakan sarang lebah melewati negara bagian Australia, New South Wales.

Hal tersebut dilakukan setelah ditemukannya parasit tungau varroa yang mematikan. Tungau itu ditemukan minggu lalu di sarang lebah yang berada dekat dengan Pelabuhan Newcastle, New South Wales.

Mengutip The Guardian, Senin (27/6/2022), parasit tersebut kemudian ditemukan di sarang peternakan lebah madu sekitar 10 km dari pelabuhan tersebut.

Kepala Eksekutif Dewan industri Lebah Madu Australia, Danny Le Feuvre, mengatakan bahwa sebanyak 100 sarang lebah di dekat pelabuhan telah dimusnahkan. Pemusnahan sarang lebah tersebut dilakukan demi menahan penyebaran parasit lebih luas.

“Industri pemeliharaan lebah di Australia saat ini sedang mengawasi Newcastle,” kata Le Feuvre.

“Kami sangat yakin bahwa parasit itu masih ada dan dapat diberantas,” tambahnya.

Le Feuvre mengatakan penghentian pengiriman sarang lebah di seluruh New South Wales dilakukan untuk memberi waktu kepada pihak berwenang melacak aktivitas.

“Untuk mengidentifikasi di mana sarang peternak lebah komersial, di mana mereka pernah berada dan sarang lain yang pernah mereka hubungi,” katanya.

Dia mengatakan peternak lebah Newcastle yang sarang lebahnya dimusnahkan, juga memiliki 120 sarang di Trangie di barat tengah New South Wales.

"Kami telah memeriksa semua sarang di Trangie dan tidak ada tungau yang teridentifikasi. Namun tungau itu seukuran kepala peniti di antara ribuan lebah," jelasnya.

Menteri Pertanian New South Wales, Dugald Saunders, mengeluarkan perintah dengan mengatakan tidak ada lebah atau sarang lebah yang diizinkan untuk disebarkan ke seluruh negara bagian.

“Australia adalah satu-satunya negara penghasil madu utama yang bebas dari tungau varroa, hama paling serius bagi lebah madu di seluruh dunia,” kata Saunders.

Parasit kecil berwarna coklat kemerahan ini dapat menyebabkan kerusakan parah pada industri lebah Australia, yang bernilai 147 juta dolar AS per tahun. Tungau menyebarkan virus yang melumpuhkan kemampuan lebah untuk terbang, mengumpulkan makanan, dan menyerbuki tanaman.

Zona biosekuriti 50 km diberlakukan di Pelabuhan Newcastle, di mana peternak lebah harus memberi tahu Departemen Industri New South Wales tentang lokasi mereka menaruh sarang.

Semua sarang lebah dalam zona 10 km telah diberantas, sementara zona pengawasan 25 km yang aktif di sekitar lokasi, dipantau oleh pihak berwenang. Baik lebah liar maupun lebah ternak, dipantau oleh pejabat berwenang.

Baca Juga: Industri Lebah di Australia Di-lockdown Usai Ditemukannya Parasit
Mencari Akar Masalah dan Cara Menyelesaikan Konflik Kelapa Sawit

"Jika tungau varroa menetap di negara bagian, akan memiliki konsekuensi yang parah, jadi kami mengambil setiap tindakan pencegahan dan tindakan yang diperlukan untuk menahan parasit dan melindungi industri madu lokal dan penyerbukan," kata Saunders.

“Kami bekerja dengan badan industri peternakan lebah dan pemangku kepentingan untuk memastikan peternak lebah mendapat informasi yang baik dan dapat terus membantu kami dengan respons kritis ini,” tutup Saunders.