Jelang Iduladha Karantina Tanjung Priok Siaga Naiknya Lalin Ternak

Ilustrasi - Hewan ternak sapi.(Barantan)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 24 Juni 2022 | 17:35 WIB

Mendekati Hari Raya Iduladha, Pelabuhan Tanjung Priok disibukkan dengan masuknya hewan ternak. Baru-baru ini 191 ekor sapi potong masuk ke pelabuhan yang dibawa oleh kapal ternak KM Camara Nusantara II pada Rabu (22/6/2022).

Hewan-hewan tersebut kemudian dilakukan pemeriksaan oleh pejabat Karantina Pertanian Tanjung Priok, untuk memastikan kembali kesehatannya. Kewaspadaan terhadap penyakit mulut dan kuku (PMK) juga terus ditingkatkan jelang Iduladha kali ini.

Karantina Pertanian Tanjung Priok tetap melakukan serangkaian pengawasan dan pemeriksaan dengan menerapkan biosekuriti yang ketat. Hal ini untuk memastikan hewan rentan PMK (HRP) yang masuk wilayah distribusi Jabodetabek sehat dan aman.

Rangkaian ketat biosekuriti dimulai dari desinfeksi truk kosong sebelum muat sapi, penggunaaan alat pelindung diri (APD) bagi petugas, dipping alas kaki di bawah tangga kapal. Kemudian pemeriksaan klinis di atas kapal dan setelah bongkar sebelum keluar pelabuhan di lakukan desinfeksi truk kembali dengan muatan sapi.

“Selain telah memiliki Sertifikat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH, red) yang dikeluarkan oleh dinas peternakan serta Sertifikat Kesehatan Hewan dari Karantina Pertanian dari daerah asal, hasil pemeriksaan fisik sapi-sapinya terlihat sehat. Kami tidak menemukan gejala klinis PMK dan penyakit lainnya,” ujar Dokter Hewan Karantina, Edi Susanto seperti dikutip dari Badan Karantina Pertanian (Barantan), Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: Jelang Iduladha Karantina Tanjung Priok Siaga Naiknya Lalin Ternak
Fakta Sapi Limosin, Sapi Jumbo Incaran Presiden yang Berharga Fantastis

Sementara itu, Kepala Karantina Pertanian Tanjung Priok, Hasrul secara terpisah menyatakan kenaikan lalu lintas kedatangan kapal ternak jelang Iduladha cukup signifikan. Tercatat pemasukan domestik sapi potong ke Jabodetabek pada April hingga Juni 2022 mencapai 8.041 ekor. Dan diprediksi ini akan terus mengalami peningkatan.

"Pelabuhan Tanjung Priok merupakan tempat pemasukan utama lalu lintas hewan untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Mengantisipasi kenaikan lalu lintas jelang Iduladha, kami terus jalin sinergi dan koordinasi dengan instansi terkait demi kelancaran pemasukan ternak sehingga pasokan yang ditujukan untuk hewan kurban dapat terpenuhi," pungkasnya.

Video Terkait