Deretan Serangga yang Berbahaya bagi Kucing, Pemilik Anabul Harus Tahu!

Ilustrasi kucing. (Pixabay)

Editor: Putri - Selasa, 21 Juni 2022 | 17:45 WIB

Sariagri - Kucing secara alamiah memiliki insting berburu, bahkan kucing yang dirawat sebagai hewan peliharaan sekalipun. Tidak jarang, kucing akan berburu serangga lalu menggigit bahkan memakannya.

Namun perlu diketahui bahwa kebiasaan kucing makan serangga bisa berbahaya. Hal tersebut dikarenakan beberapa serangga memiliki racun. Jika kucing memakan serangga yang tidak beracun sekalipun, berbahaya untuk kesehatan anabul.

Beberapa serangga yang tidak beracun bisa menyebabkan muntah atau masalah pencernaan lainnya. Kebiasaan kucing makan serangga tentu saja harus dihentikan dan dilatih agar tidak terjadi terus menerus.

Mengutip The Spruce Pets, berikut deretan serangga yang berbahaya bagi kucing.

1. Tawon dan Lebah

Serangga dengan sayap dan memiliki suara berdengung memancing kucing untuk bermain-main. Masalahnya, tawon dan lebah memiliki sengatan yang bisa menyakitkan bagi kucing.

Sama halnya dengan manusia, kucing yang disengat lebah atau tawon bisa mengalami reaksi alergi. Hal itu disebabkan oleh kucing yang terus menjilat bagian tubuhnya yang terkena sengatan dan membuat daerah sengatan semakin iritasi.

2. Lipan 

Lipan atau kelabang yang sering berada di pekarangan rumah umumnya tidak berbahaya untuk kucing. Namun kelabang memiliki racun dan mampu menggigit saat merasa terancam.

Kebiasaan kucing yang suka sekali bermain akan membuat lipan merasa terancam lalu akan menggigit kucing.

3. Kalajengking

Saat kucing bermain dengan kalajengking, kemungkinan besar ia akan disengat. Sengatan dari kalajengking akan menyakitkan kucing, kemungkinan akan menyebabkan reaksi lokal.

Pada beberapa kasus bahkan bereaksi serius seperti kucing mengalami muntah, kesulitan bernapas atau perubahan perilaku yang tidak biasa.

4. Kutu

Serangga yang satu ini cukup umum ditemukan pada kucing. Meski terlihat sepele, kutu ini bisa menyebabkan gatal hingga anemia. Selain itu, kutu bisa saja tertelan oleh kucing dan menyebabkan infeksi cacing pita. 

Baca Juga: Deretan Serangga yang Berbahaya bagi Kucing, Pemilik Anabul Harus Tahu!
Jepang Buat Apartemen untuk Tempat Belajar Memelihara Kucing

Kutu cukup berbahaya karena merupakan vektor penyakit. Beberapa masalah seperti penyakit tick-borne disebabkan oleh kutu. Apabila kucing di rumah memiliki kutu, kamu bisa langsung membawanya ke dokter hewan sebagai pengobatan.

5. Kecoa, Kumbang, dan Jangkrik 

Serangga dengan tubuh keras seperti kecoa, kumbang, jangkrik dan belalang umumnya tidak beracun bagi kucing. Namun akan berbeda jika serangga tertelan oleh kucing, akan menyebabkan iritasi pada mulut dan gangguan pada pencernaan.

Selain itu, kecoa juga dapat membawa parasit yang bisa menyerang kesehatan kucing.  

Video Terkait