Ini Burung Peliharaan yang Cocok untuk Pemula

Ilustrasi Burung Merpati (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: M Kautsar - Senin, 20 Juni 2022 | 17:40 WIB

Sariagri - Burung merupakan salah satu hewan yang bisa dijadikan sebagai peliharaan. Meski tak semua jenis burung dapat dijadikan hewan peliharaan, tapi ada beberapa opsi jenis burung untuk kamu yang baru saja ingin memelihara burung.

Menyoal burung sebagai hewan peliharaan, dalam perawatannya burung-burung ini bisa dibilang tak sesulit hewan peliharaan lainnya dan soal biayanya juga tak semahal yang dibayangkan.

Untuk kamu yang berkeinginan memelihara burung, ada baiknya menyimak beberapa rekomendasi burung-burung yang bisa dipelihara tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan uang berikut ini!

1. Merpati

Merpati adalah burung yang senang menghabiskan waktunya menyendiri, tetapi juga senang berinteraksi dengan pemiliknya. Merpati cenderung pendiam dan tidak menuntut untuk diperhatikan.

Karena merpati merupakan burung yang mempunyai pola terbang bebas, kamu disarankan untuk memberikannya kandang yang lebar. Jangan lupa juga untuk memberikan kayu untuk tempatnya bertengger. Sesekali perlu dimandikan dan jemurlah di bawah sinar matahari untuk mencegahnya dari kekurangan vitamin D.

Makanannya beragam, mulai dari biji-bijian, sayuran hijau, buah-buahan, dan sesekali berikan serangga atau cacing tanah. Jika dirawat dengan benar, mereka bisa hidup hingga usia sepuluh tahun.

2. Finch

Brung yang mempunyai bentuk dan warna yang cantik ini bisa dijadikan teman yang nyaman untuk berinteraksi. Uniknya, burung finch akan senang bersosialisasi dengan burung lain berjenis sama jika ditempatkan dalam satu kandang.

Sebagai pemilik, yang perlu kamu lakukan adalah memberi mereka makanan yang tepat, menyediakan air bersih dan sesekali membersihkan sangkar mereka. Sangat mudah bukan?

3. Burung Lovebird

Baca Juga: Ini Burung Peliharaan yang Cocok untuk Pemula
Sebelum Pelihara Burung Kenari, Ketahui 6 Hal Berikut agar Tidak Gagal



Sudah bukan rahasia lagi kalau hewan yang satu ini termasuk dalam jenis burung yang mudah dijinakkan. Apalagi warna-warna dan suara burung ini begitu menarik untuk diamati.

Lovebird termasuk dalam burung yang mudah jinak. Ia akan mudah menghampiri tuannya ketika dipanggil. Burung jenis ini bahkan bisa diajari untuk melakukan trik tertentu juga. Masa hidup burung ini juga tergolong lama yaitu 15 tahun lamanya.

4. Murai batu

Sebagai burung sangkar, murai batu termasuk burung yang mudah dalam perawatannya. Makanannya mudah ditemukan, seperti buah, serangga, dan cacing tanah. Cukup berbeda dengan burung-burung lainnya yang rata-rata memakan biji-bijian.

Murai batu memiliki kicauan yang merdu, mengeluarkan nada seperti peluit atau seruling, dan terkadang menirukan suara burung lain. Jika dipelihara dengan baik, burung ini bisa bertahan hingga usia tujuh tahun.

5. Burung Kenari

Burung kenari dikenal cerdas menirukan suara burung lain. Ukuran yang mungil membuat burung kenari tak terlalu berbahaya jika dipelihara di rumah dan didekati anak-anak.

Perawatan burung kenari pun terbilang cukup mudah. Kamu cukup memberikan sangkar yang bersih, pakan harian, minum, dijemur dan rutin membersihkan sangkarnya.

Video Terkait