4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memelihara Siberian Husky

Ilustrasi Siberian Husky (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Jumat, 17 Juni 2022 | 19:05 WIB

Sariagri - Tidak sedikit orang yang ingin menjadikan kawanan serigala sebagai hewan peliharaan. Akan tetapi, naluri liar dan ganas serigala membuat hewan ini sangat berbahaya untuk dipelihara.

Untuk kamu yang masih begitu terobsesi akan serigala peliharaan, ada kok alternatif ras anjing yang mirip serigala. Salah satunya anjing jenis siberian husky yang berasal daerah Asia Timur Laut.

Melihat fisiknya, husky memiliki corak warna merah dan putih, hitam dan putih atau abu-abu dan putih. Sementara itu, ukurannya badannya dapat terus tumbuh hingga 15 sampai 30 kg. Anjing yang satu ini juga memiliki lapisan bulu sedang dan ganda yang sangat cocok untuk suhu dingin.

Menurut American Temperament Test Society, siberian husky masuk dalam 10 ras anjing paling agresif. Untuk itu, anjing ras ini bisa saja dimanfaatkan sebagai anjing penjaga rumah.

Sebelum memelihara siberian husky, berikut hal yang perlu diperhatikan.

1. Ajak Melakukan Aktivitas Fisik dan Olahraga Rutin


Siberian husky mempunyai sifat yang aktif dan insting sebagai anjing penjaga. Hal itu tentunya membuat kamu harus lebih sering mengajaknya untuk melakukan kegiatan fisik. Jika tidak, mereka akan bosan dan cenderung berperilaku agresif.

Kamu bisa mengajaknya berlari, bermain, berenang, dan mengejar bola. Selain itu kamu juga bisa mengajak husky untuk berolahraga.

2. Pastikan Siberian Husky Selalu dalam Penjagaan

Husky termasuk anjing yang tidak ramah terhadap hewan-hewan kecil di sekelilingnya. Hal itu karena naluri teritorialnya yang cukup kuat. Jadi, jangan sampai membuatnya berkeliaran sendiri di luar rumah.

Perlu diketahui bahwa anjing ini jago melarikan diri untuk bermain keluar. Sebab itu, memasang pagar tinggi merupakan sebuah keharusan.

3. Hindari Siberian Husky dari Cuaca Panas

Bulunya yang tebal membuat husky sangat tidak cocok di udara yang panas. Oleh karena itu, kamu bisa memasang pendingin di rumah atau berhati-hati saat mengajak Husky beraktivitas di luar ruangan. Pasalnya, cuaca panas dapat membuat anjing ini kewalahan dan sulit dikontrol.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memelihara Siberian Husky
Kisah Perjuangan Anjing Berjalan dengan Dua Kaki Viral dan Menginspirasi Banyak Orang

Selain itu, kamu juga disarankan untuk memberikan air minum dingin sesekali agar dapat menjaga suhu tubuh husky tetap stabil.

4. Periksa Kondisi Kuku, Gigi, dan Bulu Secara Rutin

Meski husky tergolong anjing yang dapat menjaga kebersihan dirinya sendiri. Namun kamu tetap perlu menyikat bulunya setiap satu hingga tiga kali dalam seminggu. Tidak hanya itu, kamu juga perlu memotong kuku dan menyikat giginya secara rutin.

Video Terkait