RS Terbesar di Dunia Hanya Khusus untuk Unta, Ada di Arab Saudi

Ilustrasi unta. (Pixabay)

Editor: M Kautsar - Kamis, 16 Juni 2022 | 15:30 WIB

Sariagri - Masyarakat Indonesia mungkin hanya bisa melihat unta ketika berkunjung ke kebun binatang saja. Namun, berbeda ketika kita berada di negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, hewan ini menjadi hewan yang paling banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari di sana.

Jadi jangan heran jika melihat unta disana diperlakukan khusus layaknya hewan peliharaan.

Unta merupakan hewan yang sering tinggal di gurun atau semi gurun. Karena habitatnya di tempat panas seperti gurun, unta bisa bertahan hidup hingga 6-7 bulan tanpa minum air.

Melansir dari Thefactsite, kata unta berasal dari kata Arab, ketika diterjemahkan secara harfiah, itu berarti keindahan. Dalam budaya Arab Saudi, unta sangat ikonik sehingga ada lebih dari 160 kata yang berarti 'unta'.

Selain itu, mereka mampu untuk tidak makan dan minum selama beberapa hari. Arab News melansir Gubernur Qasim, yaitu Pangeran Faisal bin Mishaal baru saja meresmikan rumah sakit khusus unta yang terbesar di dunia. 

Rumah Sakit Hewan milik Salam Veterinary Group ini dilengkapi dengan fasilitas penelitian modern untuk mendiagnosis penyakit yang menjangkit hewan khas Arab Saudi tersebut. Rumah sakit ini dibangun di atas lahan seluas 70.000 meter persegi dan mampu menampung 4.000 ekor unta. 

"Tujuan mendirikan rumah sakit ini adalah untuk membawa perubahan dalam embriologi dan proses pembuahan tradisional unta, yang usianya berkisar antara 25 hingga 30 tahun," ujar Qasim.

Selain itu, rumah sakit akan berkontribusi untuk meningkatkan tingkat produksi janin dalam unta dari 100 janin menjadi 700," sambungnya.

Baca Juga: RS Terbesar di Dunia Hanya Khusus untuk Unta, Ada di Arab Saudi
Diduga Berawal dari Kambing, Kini Ratusan Sapi Bengkulu Tertular PMK

Pembangunan untuk rumah sakit yang dananya mencapai 100 juta riyal Arab Saudi atau setara Rp383,3 miliar itu, yang menurut Gubernur Faisal bin Mishaal, merupakan pencapaian nasional.

Laboratorium pusat yang dilengkapi dengan perangkat modern yang mampu menganalisis 160 lebih jenis penyakit. Selain itu, rumah sakit akan berkontribusi untuk meningkatkan tingkat produksi janin dalam unta dari 100 janin menjadi 700 janin.

Video Terkait