Mengapa Anjing Menjilati Kakinya? Berikut Alasannya

Anjing Beagle. (Pixabay)

Editor: Putri - Rabu, 15 Juni 2022 | 17:45 WIB

Sariagri - Anjing menjilati kaki atau cakarnya karena berbagai alasan. Hewan peliharaaan kesayangan yang satu ini mungkin menjilati kakinya setiap hari agar tetap bersih.

Tetapi jika anjing kamu menjilati kakinya secara terus-menerus bahkan secara agresif, mungkin merupakan tanda adanya masalah, seperti kista, infeksi, atau cedera.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut alasan anjing menjilati kakinya.

1. Bagian Perawatan Diri

Anjing terkadang menjilati kakinya sebagai bagian dari perawatan diri. Bahkan anjing yang tidak melakukan banyak perawatan diri terkadang akan membersihkan kaki dan cakarnya.

Jika kamu melihat anjing kesayanganmu menjilati kaki dan cakarnya sesekali, mungkin tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

2. Gatal atau Cedera

Anjing sering menjilat kaki atau cakarnya secara berlebihan mungkin karena merasa gatal, iritasi atau nyeri. Cedera kaki atau benda asing dapat menjelaskan timbulnya jilatan kaki yang tiba-tiba dan sering.

3. Menginjak Sesuatu

Anjing kamu mungkin menginjak sesuatu yang membuatnya merasa tidak nyaman, seperti benda tajam atau trotoar yang panas. Atau, dia bisa saja disengat atau digigit serangga atau binatang lain.

Bahkan mungkin ada benda atau zat yang menempel di cakarnya dan dia perlu bantuan untuk mengeluarkannya. Benda asing seperti serpihan atau rumput kering bisa tertancap di cakarnya dan menyebabkan iritasi.

4. Keadaan Abnormal

Kemungkinan lain adalah anabul kamu memiliki suatu keadaan abnormal pada salah satu kakinya seperti kista atau tumor. Bisa juga anjing menderita radang sendi atau cedera pada jaringan lunak atau tulang cakarnya.

5. Alergi

Penyebab yang sangat umum dari menjilati kaki untuk meredakan alergi, Alergi sering menyebabkan gatal atau iritasi pada bantalan kaki, menyebabkan anjing menjilati kakinya untuk meredakannya.

Baca Juga: Mengapa Anjing Menjilati Kakinya? Berikut Alasannya
Amankah Mencium Hewan Peliharaan dengan Mulut? Ini Penjelasan Ahli

Banyak anjing memiliki alergi yang membuat kaki gatal. Alergi makanan dan alergi lingkungan secara khusus diketahui menyebabkan gatal pada kaki

Selain itu, bukan hal yang aneh bagi anjing mengalami infeksi bakteri atau jamur pada kaki atau cakarnya. Keadaan tersebut artinya memerlukan peeriksaan lanjut ke dokter hewan.