Cegah Penyebaran PMK, Warga Dihimbau Tidak Beri Makan Rusa Istana Bogor

Rusa di Istana Bogor, Jawa Barat. (Sariagri/Akbarda)

Editor: M Kautsar - Minggu, 12 Juni 2022 | 10:30 WIB

Sariagri - Pasca ditemukannya wabah penyakit mukut dan kuku (PMK) di Kota Bogor, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat, menghimbau warga atau pengunjung untuk sementara tidak memberi makan rusa di Istana Bogor.

Kebijakan itu diambil untuk mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sudah masuk di Kota Bogor meluas dan memapar rusa di Istana Bogor. "Baru-baru ini kita melakukan pertemuan dengan bagian protokol istana, kita sudah sepakati untuk mengecek secara klinis, kalau diizinkan oleh pihak istana kita akan cek kesehatannya," kata Kepala DKPP Kota Bogor, Anas S Rasmana, Jumat (10/6/2022).

Menurut Anas, sebenarnya rusa itu berbeda dengan Kambing, di mana hewan ini bukan lah hewan ternak yang secara spesifik bisa dipegang atau dielus-elus. Untuk itu, pihaknya mengimbau ke pengelola Istana Bogor untuk tidak memberikan kesempatan ke warga atau pengunjung untuk memberikan makan terlebih dahulu.

"Kalau bisa dipasang tulisan (larangannya) gitu. Karena, kalau airborne kan susah diduganya, makanya langkah kongkritnya itu yang bisa kita lakukan sementara," ucap Anas.

Selain itu, ditambahkan Anas, ada beberapa hal lain yang harus diantisipasi pihak Istana Bogor untuk mencegah PMK memapari rusa yang ada di sana.

Diantaranya hewan kurban tidak diizinkan masuk ke Istana Bogor. Kemudian, pegawai yang bekerja di Istana Bogor tidak boleh sembarang mengunjungi kandang sapi.

Baca Juga: Cegah Penyebaran PMK, Warga Dihimbau Tidak Beri Makan Rusa Istana Bogor
Makin Luas dan Serius PMK Jelang Idul Adha, Puan: Vaksinasi Harus Segera

"Kalau pun harus mengunjungi kandang sapi, intinya harus steril dengan menggunakan APD dan saat masuk ke Istana Bogor harus bersih," ujarnya. 

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengaku saat ini tengah memperketat pengawasan terhadap hewan-hewan berkuku kaki belah yang ada di wilayahnya. 

Video Terkait