Stabilkan Pasokan, Negara Ini Impor Ayam dari Sumber Selain Malaysia

Ilustrasi peternakan ayam. (Unsplash/Chatnarin pramnapan)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 5 Juni 2022 | 14:30 WIB

Menteri Negara untuk Stabilitas dan Lingkungan Singapura Desmond Tan mengatakan pasokan ayam di negaranya saat ini berada dalam kondisi stabil. Namun dia berharap, ada lebih banyak produk ayam dingin dan beku dari sumber alternatif.

Menindaklanjuti kebijakan Malaysia melarang ekspor ayam, Tan menjelaskan pihaknya telah bekerja sama dengan pelaku industri untuk mengimpor ayam dari sumber lain di luar Malaysia.

Misalnya, ini adalah kumpulan ayam dingin yang baru tiba dari Australia," ujarnya dalam video Facebook dengan latar belakang pendingin dan rak yang dipenuhi produk ayam di supermarket, seperti dikutip Channel News Asia.

Tan menambahkan, salah satu distributor makanan negaranya telah mendapatkan kesepakatan untuk meningkatkan impor ayam dingin dari Thailand hingga 10 kali lipat.

Singapura mengharapkan lebih banyak pasokan ayam dingin dari Australia dan Thailand, serta ayam beku dari sumber lain seperti Brasil dan Amerika Serikat dalam beberapa minggu mendatang,” terangnya.

Hampir sepertiga impor ayam Singapura pada 2021 berasal dari Malaysia. Hampir semuanya didatangkan sebagai ayam hidup yang disembelih dan didinginkan di Singapura.

Larangan ekspor ayam Malaysia telah mempengaruhi pemilik kios pasar dan beberapa restoran di Singapura. Mereka bergulat dengan kekurangan pasokan dan kenaikan harga.

Baca Juga: Stabilkan Pasokan, Negara Ini Impor Ayam dari Sumber Selain Malaysia
Cukupi Pasokan Dalam Negeri, Malaysia Siap Bantu Importir Ayam

Harga ayam telah meningkat selama dua bulan terakhir. Menurut data Departemen Statistik Singapura, harga rata-rata ayam dingin utuh adalah S$7,21 (sekitar Rp75.740) per kilogram pada April ini, naik dari S$6,60 (sekitar Rp69.332) per kilogram pada Maret.

Menurut seorang direktur perusahaan F&B, harga mengalami kenaikan S$0,50 atau sekitar Rp5.252 per kilogram setelah larangan ekspor Malaysia diumumkan.

 

Sariagri -  

Video Terkait