A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/opt/alt/php80/var/lib/php/session/ci_session41g235ovg53678ibp7eo9nmn7926gvqg): Failed to open stream: Permission denied

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 176

Backtrace:

File: /home/u1347553/public_html/application/controllers/Article.php
Line: 13
Function: __construct

File: /home/u1347553/public_html/index.php
Line: 316
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /opt/alt/php80/var/lib/php/session)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 143

Backtrace:

File: /home/u1347553/public_html/application/controllers/Article.php
Line: 13
Function: __construct

File: /home/u1347553/public_html/index.php
Line: 316
Function: require_once

Begini Cara Merawat Kelinci Anggora agar Tumbuh Sehat dan Tidak Stres

Begini Cara Merawat Kelinci Anggora agar Tumbuh Sehat dan Tidak Stres

Ilustrasi kelinci anggora (Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 3 Juni 2022 | 16:25 WIB

Sariagri - Kelinci anggora adalah hewan peliharaan yang sangat menggemaskan. Seluruh tubuhnya dipenuhi dengan bulu yang tebal, halus dan juga panjang. Oleh karena itu penting untuk kamu ketahui cara merawat kelinci dengan baik.

Memelihara kelinci berarti kamu harus menyediakan pakan yang sesuai dengan jenis kelinci yang dipelihara. Ini menjadi salah satu cara merawat kelinci agar tidak mati.

Lantas bagaimana cara merawat kelinci yang benar, berikut penjelasannya.

Cara Merawat Kelinci Anggora agar Tumbuh Sehat

Pada dasarnya cara merawat kelinci anggora dan jenis kelinci lainnya hampir sama. Bagi kamu yang ingin memeliharanya, berikut adalah panduan merawat kelinci agar tumbuh sehat dan tidak stres.

1. Menyiapkan kandang yang nyaman

Meski kelinci senang berinteraksi dan main di tempat terbuka, kamu tetap harus menyediakan kandang. Kandang ini menjadi tempat kelinci beristirahat.

Oleh karena itu kandang harus dibuat dengan senyaman mungkin sesuai dengan kebutuhan mereka. Pastikan ukuran kandang tidak terlalu sempit agar kelinci bisa leluasa bergerak.

Kamu bisa meletakkan jerami, rumput kering, serutan, atau serbuk gergaji halus di atas alas kandang agar kelinci merasa nyaman saat tidur.

2. Menyediakan wadah untuk kotoran

Selain itu sediakan juga wadah dan tempat minum di sekitar kandang. Wadah ini bertujuan agar kelinci tidak buang air atau feses sebarangan. Dengan adanya wadah kotoran ini juga akan mempermudah Sobat Agri untuk membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal kelinci.

3. Menjaga Kebersihan Kandang

Setelah kandang selesai dibuat, dan wadah kotoran telah disediakan, selanjutnya adalah menjaga kebersihan kandang. Kamu wajib membersihkan wadah kotoran kelinci dan mencuci wadah makanan untuk kelinci setiap harinya.

Jika ada serpihan dan sedotan kayu yang kotor juga harus disingkirkan.

4. Memberi pakan dan minuman yang bernutrisi

Hal lain yang tak boleh luput dalam cara merawat kelinci adalah soal pemberian pakan. Pakan kelinci harus diberikan sesuai dengan kebutuhan, dengan tujuan agar kelinci dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan tetap sehat.

Kamu bisa memberikan pakan berupa rumput dan sayuran segar (bayam, kol hijau, daun lobak, daun ketumbar, sawi, selada air, serta seledri). Namun kamu juga bisa memberikan pakan buatan seperti pelet.

Selain makanan pokok, kamu juga bisa memberikan vitamin atau nutrisi lain. Selain itu sediakan air yang cukup dalam kandang untuk kebutuhan mereka.

5. Mengetahui cara memegang kelinci

Terdengar sepele, namun sangat penting untuk diketahui sebagai cara merawat kelinci bagi kamu yang ingin memelihara kelinci. Perlu diingat ada bagian tubuh yang tidak boleh dipegang, yaitu telinga dan perutn.

Hal ini dapat membuat kelinci kesakitan. Adapun cara memegang kelinci dengan benar yaitu dengan letakan satu tangan di depan kemudian satu tangan lainnya di bawah punggung kelinci. Kemudian angkat secara perlahan dan dekatkan dengan tubuh kamu.

6. Memelihara lebih dari satu ekor

Ada hal lain yang perlu kamu ketahui perihal memelihara kelinci. Kelinci adalah hewan sosial, yang mana mereka sangat butuh kehadiran kelinci lainnya sebagai teman bermain agar tidak stress dan merasa kesepian.

Oleh karenanya sebaiknya kamu memelihara kelinci lebih dari satu ekor. Hal ini dimaksudkan agar kelinci tidak merasa kesepian. Karena sejatinya kelinci merupakan hewan sosial, jadi ia butuh teman agar tidak mudah stres dan bisa bergerak lebih aktif.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Kelinci Anggora agar Tumbuh Sehat dan Tidak Stres
6 Langkah Ternak Kelinci Pedaging, Bisnis yang Menggiurkan untuk Pemula

7. Keluarkan kelinci dari kandang

Kelinci membutuhkan waktu untuk keluar dari kandang agar bisa bermain dengan leluasa. Kamu bisa memberikan waktu bagi kelinci untuk bermain 6 sampai 8 jam di luar kandang.

Namun, tetap pastikan kelinci berada di lingkungan berpagar atau terpantau untuk mencegahnya kabur. Jangan lupa berikan bola kecil dan boneka untuk mereka bermain agar menjadi lebih menyenangkan.