Mengenal Jonathan, Kura-Kura Tertua yang Hidup 190 Tahun di Dunia

Kura-kura besar Seychelles (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Kamis, 2 Juni 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Berbicara soal hewan, mungkin banyak dari kita belum mengetahui hewan apa yang tertua dan masih hidup saat ini. Ya, memang ada sejumlah hewan yang memiliki umur panjang.

Namun berbeda dengan hewan yang satu ini, Kura-kura besar Seychelles yang diberi nama Jonathan ini sudah menempuh hidup selama 190 tahun di bumi dan menjadi hewan yang paling tertua.

Dengan usianya saat ini mengantarkan Jonathan kepada Guinness World Record. Jonathan saat ini adalah chelonian tertua yang pernah ada kategori yang mencakup kura-kura, penyu dan terrapin.

Nah hewan yang bernama ilmiah Aldabrachelys gigantea hololissa ini mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, kura-kura Tu'i Malila yang mati di usia 188 tahun.

Seperti dikutip Live Science, Jonathan diperkirakan lahir pada 1832, sehingga saat ini usianya sudah 190 tahun. Jonathan sudah lahir sebelum Ratu Victoria memimpin Inggris pada 1837.

Reptil seberat 440 pon atau sekitar 200 kg itu saat ini berada di Pulau St. Helena, pulau kecil di laut Atlantik Selatan. Ia bertahan dengan melalui 39 masa kepresidenan Amerika Serikat, dua perang dunia, dan tujuh pemegang takhta Kerajaan Inggris.

"Dia adalah ikon lokal, simbol dari kegigihan dalam menghadapi perubahan," kata perawat Jonathan, Joe Hollins.

"Saat perang, kelaparan, malapetaka, raja, ratu, dan bahkan bangsa datang dan pergi, dia tetap hidup, sama sekali tidak menyadari lamanya waktu berjalan," tambahnya.

Joe Hollins mengatakan jika Jonathan tiba di St Helena pada 1882 ketika sudah berumur 50 tahun. Dalam tahun-tahun belakangan, hewan tertua ini masih sehat, namun sudah buta dan tidak bisa menggunakan indra penciumannya.

Akan tetapi selera makannya masih bagus dan masih senang berjalan di antara rerumputan. Makanan favoritnya adalah kol, timun dan wortel. Hobi lain Jonathan selain memamah biak adalah tidur dan kawin.

Di tempat itu, Jonathan tidak sendirian. Dia ditemani ketiga teman kura-kura raksasa lainnya yang diberi nama David, Emma dan Fred. Tidak hanya itu, dia juga mendapatkan makanan dan perawatan terbaik

Baca Juga: Mengenal Jonathan, Kura-Kura Tertua yang Hidup 190 Tahun di Dunia
Jangan Panik! Lakukan Pertolongan Berikut jika Digigit Tikus

"Terlepas dari usianya, Jonathan masih memiliki libido yang baik dan terlihat sering kawin dengan Emma, bahkan Fred. Hewan seringkali tidak terlalu sensitif dengan gender," kata Hollins.

Ilmuwan sampai saat ini masih melakukan observasi dan belum sepenuhnya tahu mengapa Jonathan bisa hidup sedemikian panjang. Akan tetapi, peneliti telah menemukan bahwa Jonathan bisa dengan cepat mematikan sel yang rusak sehingga mungkin melindungi dirinya dari sel yang menurunkan fungsi kesehatan. 

Video Terkait