Mengejutkan! Hewan Ini Diyakini Bisa Selamat dari Kiamat

Ilustrasi Kiamat (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Jumat, 3 Juni 2022 | 17:15 WIB

Sariagri - Hari kiamat merupakan hari yang paling ditakutkan oleh seluruh umat manusia. Bahkan siapapun tidak akan ada yang bisa menghentikan ataupun mengubah takdir tersebut.

Namun, berbeda dengan hewan-hewan berikut ini. Hewan-hewan ini diduga akan tetap selamat bahkan di hari kiamat. Para ahli meyakini jika hewan-hewan ini dapat hidup dalam suhu panas dan dingin yang ekstrem sekalipun.

Meski belum jelas akan kebenaran ini, tetapi ini adalah klaim mereka. Berikut 5 hewan yang diklaim dapat bertahan hidup diakhir zaman:

1. Tardigrade

Tardigrade alias beruang laut merupakan hewan yang dinobatkan sebagai hewan terkuat di Bumi. Meski sebutannya beruang, ukuran tubuh tardigrade tidak lebih dari satu milimeter.

Menurut para ahli, tardigrade diperkirakan akan terhindar dari kepunahan selama enam miliar tahun ke depan. Tardigrade diketahui bisa hidup di suhu paling dingin, -273,15 derajat Celsius, sampai suhu super panas, 150 derajat Celsius.

Selain itu, Tardigrade juga bisa hidup dengan tekanan udara 1.200 kali lebih kuat, yang pasti bisa membunuh manusia dalam sekejap. Tak sampai di situ, hewan ini mampu hidup 10 tahun tanpa air dan bertahan dari radiasi sekitar 1000 kali lebih kuat dari tingkat aman.

2. Semut kayu merah

Dalam sebuah studi yang pernah dilakukan, para peneliti menemukan jika semut kayu merah dapat mengetahui kawanannya telah terinfeksi patogen atau virus jika dibandingkan dengan manusia. Bahkan, semut kayu merah akan membunuh anggotanya yang terinfeksi sebelum penyakit yang diderita menyebar.

Binatang yang mempunyai nama latinnya Formica rufa ini dikatakan dapat bertahan hidup di hampir semua iklim, termasuk di cuaca seperti di Gurun Sahara. Ada juga spesies semut air yang hidup di laut. Mereka terhubung di darat dan laut.

3. Mummichog

Mummichog memiliki beberapa nama berbeda, seperti killifish atau ikan lumpur kecil. Beberapa jenis dari ikan ini telah cukup beradaptasi untuk bertahan hidup di sungai yang 8.000 kali lebih beracun.

Ini menandakan bahwa ikan ini sangat mudah beradaptasi. Mereka dapat hidup di air tawar dan air asin, dan sepenuhnya mengendalikan genom mereka. Mummichog memiliki kemampuan untuk menghidupkan dan mematikan gen tergantung pada lingkungan mereka.

4. Kalajengking

Hewan berbahaya satu ini dikenal sangat mudah beradaptasi di tempat manapun. Misalnya di gurun, hutan, dan bahkan gunung.

Mengutip dari laman National Geographic, beberapa peneliti telah melakukan uji coba [pada hewan ini dengan cara membekukannya dalam waktu semalam. Hasilnya, ketika dicairkan kalajengking masih dapat hidup.

Kalajengking juga dapat memperlambat laju metabolisme mereka ke titik di mana mereka dapat bertahan hidup selama satu tahun penuh.

Baca Juga: Mengejutkan! Hewan Ini Diyakini Bisa Selamat dari Kiamat
Ternyata Ini Alasan Semut Berhenti saat Berpapasan dengan Kawanannya

5. Kecoa

Kecoa dapat mengembangkan resistensi terhadap beberapa kelas insektisida sekaligus. Pengendalian jenis hama ini hampir mustahil hanya menggunakan bahan kimia.

Selain itu, kecoa dapat memakan apa saja, bahkan makanan busuk. Hewan ini memiliki gen kekebalan yang diperluas. Salah bukti kecoa sangat kuat adalah laporan yang menyebutkan hewan ini terlihat berlarian dalam peristiwa bom atom Hiroshima dan Nagasaki, sesaat setelah bom dijatuhkan. Sejumlah ahli bahkan membuktikan bahwa kecoa dapat bertahan dari radiasi sebanyak itu.

Video Terkait