Domba yang Digembalakan di Ladang Panel Surya Hasilkan Wol Lebih Baik

Ilustrasi Domba. (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 31 Mei 2022 | 18:05 WIB

Sariagri - Beternak domba di bawah panel surya ternyata memberikan hasil wol yang lebih baik. Setidaknya, peternak domba di Central West, New South Wales, Australia telah membuktikannya.

Penggembalaan domba di bawah panel surya telah menghasilkan wol yang lebih baik dan lebih banyak dalam empat tahun sejak proyek dimulai.

Panel surya memberikan keteduhan bagi domba dan rumput yang ada di bawahnya dan membantu mencegah tanah mengering. Di sisi lain, domba-domba juga membantu menjaga rumput dan gulma agar tidak mengganggu atau merusak panel surya. Karena itu para peternak menyebutnya sebagai "win-win solution".

"Ini sebenarnya cukup mencengangkan. Beberapa domba terlihat fantastis. Mereka tumbuh secara eksponensial dan potongan wol berada di 5 persen teratas di distrik ini," ujar Broker wol Graeme Ostini, yang menggembalakan domba merino di ladang tenaga surya dekat Parkes, dalam uji coba dengan Parkes Show Society.

Ostini mengaku hanya memiliki kawanan domba merino yang lebih sedikit dibanding peternak domba lain di kawasan tersebut, tetapi domba-dombanya menghasilkan wol yang "luar biasa".

Peternak lainnya, Tom Warren menyewakan sebagian dari tanahnya ke proyek ladang tenaga surya dan mengelola sekitar 250 ekor domba merino yang digembalakan di padang rumput seluas 54 hektar di antara panel surya.

"Ini relatif bersih, tanpa gerinda, tanpa debu. Sangat, sangat sedikit kontaminasi pada wol dan juga terlindung dari sinar matahari," ujar Warren tentang kualitas wol yang dihasilkan oleh domba-dombanya.

Warren, seperti dilansir abc.net.au, juga menyebut daya dukung tanah meningkat sekitar 25 persen. Selama musim kemarau, air mengembun di panel surya di pagi hari.

Tetesan air ke rerumputan di bawahnya membuat hamparan padang rumput tetap hijau.

Baca Juga: Domba yang Digembalakan di Ladang Panel Surya Hasilkan Wol Lebih Baik
Intip 3 Manfaat Bulu Domba di Dunia Industri



Secara keseluruhan, ia mengaku dengan menyewakan tanahnya ke proyek tenaga surya dan menggembalakan dombanya di sana, pendapatannya meningkat.

 

Video Terkait