Ada yang Melebihi Manusia, 10 Hewan Ini Dinobatkan Menjadi Hewan Terpintar

Ilustrasi Babi (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Sabtu, 28 Mei 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Para ahli dalam berbagai penelitian menyebutkan banyak hewan sebenarnya jauh lebih cerdas dari perkiraan manusia. Dengan berbagai peneliti yang sudah dilakukan berbagai percobaan untuk melihat kecerdasan dari hewan, para ahli ini menemukan hal yang tidak terduga. Hingga pada akhirnya memunculkan banyak perdebatan soal kecerdasan hewan.

Seperti yang dirilis dari jurnal Frontiers in Neuroanatomy, mempublikasikan hasil penelitian yang menunjukkan perbedaan jumlah neuron (sel saraf) dalam otak beberapa hewan. Jumlah neuron ini menentukan tingkat kemampuan kognitif alias kecerdasan mereka.

Kecerdasan dari hewan-hewan ini juga beragam dan berbeda-beda sesuai keahlian mereka masing-masing. Mulai melarikan diri tanpa jejak, mengingat manusia, bahkan bisa berbicara.

Tanpa dipungkiri, karena masing-masing spesies memiliki banyak kemampuan berbeda. Dari berbagai penelitian disebutkan ada beberapa hewan yang dikategorikan sebagai hewan terpintar di dunia.

1. Gurita

Hewan invertebrata atau tidak memiliki tulang belakang ini masuk kedalam kategori hewan terpintar. Hal itu karena gurita dapat bergerak dengan lincah untuk menghindari diri dari ancaman predator tanpa adanya jejak yang ia tinggali.

2. Burung Kakak Tua

Tampaknya kita sudah mengetahui jika burung yang hidup di iklim tropis ini merupakan hewan yang paling pintar dalam menirukan perkataan manusia. Selain itu, burung hias satu ini juga bisa menjawab pertanyaan, loh. Namun, sebelum kakak tua bisa melakukannya, kamu perlu melatihnya terlebih dahulu.

3. Tupai

Hasil studi dari Princeton University menemukan bahwa tupai abu-abu memiliki ingatan yang sangat tajam. Tupai abu-abu mampu mengingat tempat dimana mereka menyimpan kacang kenari yang dikubur meski sudah beberapa bulan lamanya. Bahkan jumlah kacang yang disembunyikan bisa sampai ribuan.

Menariknya lagi, tupai mempunyai insting ketika mereka sedang diamati sewaktu mengubur makanannya hewan dan dapat mengecoh pemangsanya.

Tupai akan berpura-pura mengubur makanannya padahal menaruhnya di dalam mulut atau ketiaknya. Ketika sudah aman, mereka baru mencari tempat lain untuk menyimpan makanan.

4. Gajah

Gajah adalah hewan sosial yang mampu mengembangkan empati dalam kelompoknya. Berdasarkan riset satwa dalam Scientific American, gajah memiliki kecerdasan dan kemampuan komunikasi yang sangat kompleks. Dua hal itu dibutuhkan oleh gajah untuk menjadikan mereka penyintas di alam liar.

5. Lumba-lumba

Dalam temuan yang dilakukan Institute for Marine Mammal Studies di Mississippi, AS, lumba-lumba dilatih untuk memungut sampah di dalam kolamnya dan akan ditukar dengan seekor ikan.

Namun, ketika diberikan sampah kertas, ia akan merobek-robeknya sehingga menjadikan sampah yang diberikan kepada pelatihnya menjadi lebih banyak. Ia pun pastinya mendapat tambahan ikan lebih banyak.

6. Babi

Tak bisa dipungkiri, jika hewan yang terkenal jorok ini dapat memahami emosi, menunjukkan empati, bahkan belajar memahami beberapa bahasa simbol.

Dalam kehidupan sosialnya, mereka akan menipu kawanannya agar mendapatkan lebih banyak makanan. Hal ini tidak sebaiknya kita ikuti ya.

7. Burung Gagak

Salah satu spesies burung yang yang dinobatkan terpintar adalah burung gagak. Burung ini memiliki ingatan yang sangat baik. Bahkan, mereka dapat mengingat dimana mereka meletakan suatu objek dan tempat mangsanya bersemayam.

8. Simpanse

Layaknya manusia, kepintaran simpanse juga bergantung pada genetiknya. Laman Britannica mencatat bahwa genetik yang diturunkan menentukan setengah dari intelegensi yang dimiliki simpanse.

Mereka bisa mempelajari kata, bermain dengan benda, dan bahkan menangisi kematian temannya. Sementara lingkungan adalah faktor lainnya yang berpengaruh.

9. Paus pembunuh

Orca atau paus pembunuh adalah mamalia laut yang cerdas. Mereka kuat, hidup bersosial, dan punya kecerdasan di atas rata-rata. National Geographic mencatat bahwa tingkat kecerdasan paus pembunuh sangat tinggi, mungkin setara dengan lumba-lumba. Wajar saja, berat otak paus pembunuh mencapai 7 kilogram dan jadi yang terbesar kedua di kelas mamalia laut.

10. Merpati

Menurut penelitian yang dicatat dalam Psychology Today, merpati rupanya punya ingatan yang luar biasa tajam. Dengan ingatan supernya, merpati sanggup memecahkan beberapa persoalan di laboratorium. Selain itu, merpati punya kemampuan mendeteksi medan magnet Bumi sebagai sistem navigasinya.

Video Terkait



Baca Juga: Ada yang Melebihi Manusia, 10 Hewan Ini Dinobatkan Menjadi Hewan Terpintar
Unik! Ini 5 Cara Hewan Melindungi Diri, Ada yang Menyemprotkan Cairan Lewat Anus