Mentan SYL Minta Pemerintah Daerah Optimalkan Peran Puskeswan

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Antara/HO-Kementerian Pertanian)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 26 Mei 2022 | 16:00 WIB

Sariagri - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) meminta pemerintah daerah untuk mengoptimalkan fungsi Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang ada di tiap kecamatan. Pengoptimalan ini, menurut SYL penting dilakukan untuk menekan penularan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Keberadaan Puskeswan harus bisa mendeteksi penyakit hewan seperti PMK. Puskeswan kita dorong untuk berperan optimal sebagai unit terdepan dalam mempercepat proses pelayanan dan penanganan kesehatan hewan," ujar SYL dalam koordinasi penanganan PMK, Rabu, 25 Mei 2022.

Menurut Mentan, keberadaan puskeswan sangat vital untuk mengantisipasi kemungkinan adanya penularan kontak langsung anatar hewan ke hewan atau manusia ke hewan. Selain itu, keberadaan puskeswan selama ini mampu mendekatkan peternak dengan petugas kesehatan hewan.

"Saya yakin puskeswan mampu memberikan pelayanan kesehatan hewan yang optimal untuk meningkatkan kualitas kesehatan hewan dan ternak, sehingga PMK ini segera dapat diatasi," katanya.

Baca Juga: Mentan SYL Minta Pemerintah Daerah Optimalkan Peran Puskeswan
Pastikan Bebas dari PMK, Mentan SYL Tinjau Peternakan Sapi di Banten

Perlu diketahui, berdasarkan amanat Undang-undang No18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan disebutkan bahwa Puskeswan melakukan tugas utama sebagai ujung tombak kesehatan hewan yang strategis dalam mendukung Sistem Kesehatan Hewan Nasional (Siskeswannas).

Menurut Nasurullah l, dari data per Januari 2022 lalu, Indonesia memiliki 1.588 unit Puskeswan yang tersebar di seluruh Indonesia. "Terdapat juga 89,7 persen kabupaten/kota yang memiliki Puskeswan," ujarnya.