Begini Cara Usir Biawak yang Masuk Rumah

Ilustrasi biawak. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: M Kautsar - Rabu, 25 Mei 2022 | 19:25 WIB

Sariagri - Biawak termasuk salah satu reptil yang seringkali masuk ke pemukiman masyarakat. Reptil yang mirip dengan komodo ini mampu memakan hewan lain bahkan menyerang manusia.

Biawak yang seringkali dijumpai di Indonesia adalah biawak air. Hewan yang satu ini juga seringkali masuk ke rumah warga.

Di perkotaan, biawak kerap ditemukan di gorong-gorong saluran air yang bermuara ke sungai. Sebenarnya, hewan satu ini tinggal tidak jauh dari perairan seperti hutan lembab, padang rumput dan sekitar hilir sungai.

Melansir sejumlah sumber, biawak memiliki penciuman dan penglihatan yang tajam. Bahkan, reptil ini bisa mencium mangsanya yang sekarat sejauh sembilan kilometer.

Beberapa jenis biawak bahkan memiliki bisa yang cukup berbahaya. Gigitannya bisa langsung menyebabkan infeksi.

Mengusir biawak yang masuk ke rumah bisa dengan cara menangkapnya. Namun, jangan sampai salah langkah karena bisa berakibat fatal.

Seseorang bisa menggiringnya ke area yang luas supaya biawak sulit untuk bersembunyi. Biawak cepat mengalami kelelahan. Ketika sudah lelah, biawak bisa ditangkap untuk kemudian dikembalikan ke habitatnya.

Baca Juga: Begini Cara Usir Biawak yang Masuk Rumah
Heboh! Sempat Dikira Ular yang Bersembunyi di Plafon, Ternyata Biawak

Cara lain menangkap biawak adalah dengan perangkap. Biawak termasuk hewan yang tidak bisa berjalan mundur. Ketika masuk ke perangkap dari pipa seukuran biawak, hewan ini akan terperangkap dan tidak bisa ke luar lagi.

Seelah ditangkap dengan perangkap seperti pipa, biawak bisa dilepaskan ke habitatnya.

Cara mengusir biawak juga bisa dilakukan dengan memasang umpan. Umpan bisa diletakkan di kandang, dan diamkan semalaman. Bisa jadi biawak yang masuk ke rumah dapat langsung terperangkap di kandang tersebut.

Video Terkait