Intip 3 Manfaat Bulu Domba di Dunia Industri

Ilustrasi domba. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Kamis, 26 Mei 2022 | 19:50 WIB

Sariagri - Domba termasuk salah satu hewan ternak yang banyak dipilih untuk dikembangbiakkan. Selain dagingnya, domba juga banyak dimanfaatkan bulunya.

Melansir sejumlah sumber, bulu domba banyak dimanfaatkan untuk keperluan industri seperti pakaian hingga sandal. Salah satu alasannya, bulu domba mengandung lanolin.

Kelebihan bulu domba karena dapat memberikan kehangatan dan kenyamanan saat digunakan. Suhu panas dalam bulu domba tidak mudah terpengaruh dengan suhu yang berasal dari luar.

Bulu domba juga tidak menyebabkan alergi pada kulit. Berikut ini manfaat bulu domba yang perlu diketahui:

1. Bahan Pakaian

Manfaat bulu domba dalam industri adalah untuk membuat pakaian seperti selimut atau jaket. Biasanya, pakaian dari bulu domba ini banyak dibuat di negara yang memiliki musim dingin.

2. Karpet

Manfaat bulu domba dalam industri masuk dalam pembuatan karpet. Cara pembuatannya, bulu domba akan dicukur setiap empat bulan. Kemudian, bulu tersebut akan dicuci dengan disinfectant dan direndam dalam air sabun.

Baca Juga: Intip 3 Manfaat Bulu Domba di Dunia Industri
Fantastis, Domba Ini Terjual Seharga Rp2,8 Miliar di Acara Lelang

Setelah bersih, bulu domba dipilin menjadi benang dengan alat sederhana terlebih dahulu. Untuk membuat bulu domba berserat agar dibentuk jadi karpet membutuhkan sisir khusus.

3. Sandal

Dalam dunia industri, manfaat bulu domba juga untuk membuat sandal. Sepatu atau sandal yang terbuat dari bulu domba biasanya digunakan ketika musim dingin. Fungsinya, tentu saja untuk menghangatkan kaki.

Kelebihan dari sandal dan sepatu bulu domba tidak akan mengakibatkan iritasi pada kaki.

Video Terkait