Jadi Tontonan Anak 90-an, Yuk Kenalan dengan Roadrunner Si Pelari Cepat

Ilustrasi Roadrunner (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Rabu, 25 Mei 2022 | 20:50 WIB

Sariagri - Siapa nih anak 90-an yang dulunya tak ketinggalan menonton kartun Roadrunner? Dalam kartun besutan Looney Tunes ini, burung road runner digambarkan sebagai burung yang memiliki kecepatan dalam berlari, berbadan biru serta leher yang panjang, tak ketinggalan jambul panjangnya.

Meski benar jika burung ini dapat berlari dengan kencang, padahal dalam kenyataannya burung ini tidak memiliki leher yang panjang.

Burung roadrunner diketahui berasal dari Amerika Selatan dan dapat berlari dengan kecepatan sampai 42 kilometer per jam. Kecepatan ini digunakan dalam berburu mangsanya.

Dalam hal berlari, burung roadrunner tidak perlu diragukan lagi. Bahkan meski burung roadrunner berlari dalam kecepatan maksimal. burung ini mampu menjaga keseimbagannya.

Hal itu karena hewan omnivora ini memanfaatkan sayapnya yang pendek untuk keseimbangan dan ekornya yang panjang sebagai kemudi untuk berbelok dan memutar.

Roadrunner memakan serangga, burung-burung, hewan pengerat, bahkan kadal buas dan ular. Burung itu membunuh mangsanya dengan patukan paruhnya yang kuat, atau mengempeskan korbannya dengan kakinya.

Baca Juga: Jadi Tontonan Anak 90-an, Yuk Kenalan dengan Roadrunner Si Pelari Cepat
3 Hewan Ini Terkenal Cerdas dalam Bertahan Hidup

Roadrunner sendiri memiliki ukuran tubuh sekitar 52 hingga 62 cm dengan berat 230 sampai 430 gram. Mereka akan bertelur 3 hingga 10 butir dan dierami selama 20 hari bergantian antara jantan dan betina.

Meski dinobatkan sebagai pelari yang hebat, sayangnya roadrunner bukan burung yang suka di atas udara, alias terbang. Alasannya, sayap yang lemah dan otot kaki yang berat membuat burung roadrunner memilih berlari dibanding terbang.

Video Terkait