Waspada! 7 Makanan Ini Beracun dan Bahaya untuk Anjing

Ilustrasi anjing peliharaan. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 24 Mei 2022 | 18:00 WIB

Sariagri - Bagi para penyayang binatang khususnya anjing harus memahamai bahwa ada banyak makanan yang tidak boleh dimakan oleh hewan cerdas satu ini. Bukan hanya karena masalah berat badan, akan tetapi beberapa makanan benar-benar berbahaya bagi anjing.

Berikut 7 jenis makanan yang beracun dan berbahaya bagi anjing seperti dikutip dari webmd.com.

1. Xylitol

Permen, permen karet, pasta gigi, makanan yang dipanggang, dan beberapa makanan yang dimaniskan dengan xylitol berbahay bagi kesehatan anjing. Makanan ini dapat menyebabkan gula darah anjing turun, dan juga dapat menyebabkan gagal hati. Gejala awal antara lian muntah, lesu, bahkan mungkin kejang. Gagal hati dapat terjadi hanya dalam beberapa hari.

2. Alpukat

Alpukat mengandung zat yang disebut persin. Zat ini dalam kadar tertentu dapat menyebabkan muntah atau diare pada anjing. Jauhkan anjing Anda dari tanaman alpukat, karena persin terdapat pada daun, biji, dan kulit batang, serta buahnya. Selain itu, biji alpukat bisa tersangkut di usus atau perut anjing, dan menyebabkan penyumbatan yang berakibat fatal.

3. Alkohol

Alkohol memiliki efek yang sama pada hati dan otak anjing seperti pada manusia. Sedikit saja bir, minuman keras, anggur, atau makanan dengan alkohol bisa berakibat buruk. Alkohol dapat menyebabkan muntah, diare, gangguan koordinasi, gangguan pernapasan, koma, bahkan kematian. Dan semakin kecil anjing, semakin buruk kondisinya.

4. Bawang merah dan bawang putih

Jauhkan bawang merah dan bawang putih baik dalam bentuk bubuk, mentah, dimasak, atau dikeringkan. Makanan ini dapat membunuh sel darah merah anjing dan menyebabkan anemia. Bawang merah dan putih juga bisa menyebabkan keracunan dengan gejala seperti lemah, muntah, dan masalah pernapasan.

5. Kopi, Teh, dan Kafein Lainnya

Kafein bisa berakibat fatal. Hati-hati dengan kopi dan teh termasuk ampasnya. Jauhkan anjing dari kakao, cokelat, cola, dan minuman energi. Kafein juga ada dalam beberapa obat flu dan penghilang rasa sakit.

Baca Juga: Waspada! 7 Makanan Ini Beracun dan Bahaya untuk Anjing
Alpukat, Sumber Serat yang Baik untuk Anjing



6. Anggur dan Kismis

Anggur dan kismis dapat menyebabkan gagal ginjal pada anjing. Muntah berulang-ulang adalah tanda awal. Dalam sehari, anjing akan menjadi lesu dan depresi.

7. Susu dan Produk Susu Lainnya

Es krim mengandung susu dan produk berbahan dasar susu dapat menyebabkan diare dan masalah pencernaan lainnya pada anak anjing. Makanan ini dapat memicu alergi makanan, yang dapat menyebabkan gatal.

 

Video Terkait