Ini Alasan Kenapa Zebra Bercorak Hitam Putih

Ilustrasi Zebra (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: M Kautsar - Rabu, 25 Mei 2022 | 15:50 WIB

Sariagri - Zebra merupakan hewan berkaki empat yang memiliki keunikan corak hitam putih pada bagian tubuhnya. Namun, sebenarnya apa sih fungsi dari corak yang dimiliki zebra? Atau hanya jadi penghias saja?

Menurut artikel yang ditulis oleh BBC, para peneliti memiliki beberapa kemungkinan dan hipotesis pada corak kulit yang dimiliki zebra, yaitu untuk perlindungan dari gigitan lalat.

Lalat merupakan serangga yang sering menjadi ancaman bagi hewan-hewan yang ada di Afrika.

Hal itu karena lalat kuda dan lalat tsetse dapat menularkan berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit tidur, penyakit kuda Afrika, dan influenza kuda yang berpotensi kematian.

Namun, temuan tersebut diyakinkan kembali dalam sebuah studi tahun 2014 dari tim ahli biologi evolusi dari University of California. Mereka mengumpulkan data cuaca, keberadaan singa, dan ukuran kawanan zebra, dan membandingkan faktor-faktor ini dengan garis-garis zebra yang hidup di daerah tersebut.

Dalam studi ini, para peneliti mencoba menggunakan kuda yang ada di peternakan kuda di dekat University of Bristol, Inggris. Mereka mencoba merubah penampilan kuda menjadi mirip seperti zebra untuk mengamati dan merekam lalat kuda yang mencoba menggigit zebra

Dari hasil studi ini, menemukan jika lalat tidak mampu mendarat ketika di dekat tubuh zebra. Seakan-akan lalat tersebut kebingungan ketika melihat garis-garis yang ada di tubuh zebra.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Zebra Bercorak Hitam Putih
3 Hewan Ini Terkenal Cerdas dalam Bertahan Hidup

Satu-satunya hal yang bisa katakan dengan pasti adalah bahwa kontras tinggi antara hitam dan putih kemungkinan besar menipu penglihatan resolusi rendah lalat.

Dalam ilusi optik, garis-garis diagonal tampak bergerak ke atas atau ke bawah, tergantung ke arah mana kutub itu berputar.

Video Terkait