Ternyata Racun Kalajengking Bermanfaat untuk Pengobatan

Ilustrasi kalajengking. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 24 Mei 2022 | 20:40 WIB

Sariagri - Kalajengking memiliki racun yang biasanya digunakan untuk melindungi dirinya. Namun, racun kalajengking ternyata bisa untuk pengobatan.

Hewan yang termasuk dalam ordo Scorpiones kelas Arachnida ini seringkali dihindari dan dibunuh karena mengganggu dan menakutkan. Pemiliki delapan kaki yang masih berkerabat dengan laba-laba dan tungau ternyata sering digunakan untuk pengobatan.

Melansir sejumlah sumber, manfaat racun kalajengking dapat mengobati berbagai penyakit. Bahkan, orang yang mengumpulkan racun kalajengking disebut-sebut bisa meraup untung jutaan hingga milyaran rupiah.

Berikut ini manfaat racun kalajengking:

1. Pereda sakit

Manfaat racun kalajengking adalah untuk meredakan rasa sakit berdasarkan hasil penelitian. Namun, efek samping dari penggunaan yang ditimbulkan juga menjadi perhatian. Para peneliti tetap berhati-hati tentang kemungkinan kecanduan racun kalajengking.

2. Obat lupus

Manfaat racun kalajengking juga disebut-sebut sebagai obat lupus. Pasien dengan penyakit yang berkaitan dengan antibodi ini biasanya harus rutin minum obat dan periksa ke dokter.

3. Pestisida alami

Manfaat racun kalajengking sebagai pestisida alami yang dianggap lebih ramah lingkungan. Racun kalajengking akan mematikan semua jenis hama tanaman.

Baca Juga: Ternyata Racun Kalajengking Bermanfaat untuk Pengobatan
Begini Cara Mudah Atasi Kalajengking yang Masuk ke Rumah

4. Mencegah kegagalan cangkok vena

Racun kalajengking atau disebut margatoxin dimanfaatkan dalam dunia medis terkait transplantasi pembuluh darah. Risiko kegagalan proses pencangkokan pun dapat dicegah dengan racun tersebut.

5. Mencegah gagalnya transplantasi jantung

Racun kalajengking dimanfaatkan untuk operasi transplantasi jantung. Kegunaan racun tersenut adalah mencegah kegagalan saat operasi sedang dilakukan.

Video Terkait