Mengenal Sikatan Bakau, Burung Indah dengan Kicauan Merdu

Ilustrasi Burung Sikatan Bakau (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 22 Mei 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Banyak sekali spesies burung yang tersebar di wilayah Indonesia. Salah satunya burung sikatan bakau penghuni asli kawasan hutan bakau Kalimantan dan Sulawesi. Burung endemik ini memiliki bulu eksotos dan kicauan nyaring.

Bburung sikatan bakau memiliki bulu indah berwarna biru, umumnya  dipenuhi corak kuning atau jingga kemerahan di dadanya. Kekontrasan warnanya, banyak orang menyebut burung ini memiliki corak layaknya langit senja.

Bernama ilmiah Cyornis rufigastra, burung ini termasuk spesies burung dari keluarga Muscicapidae dengan panjang sekitar 15 cm. Burung ini bisa dijumpai di hutan pantai, hutan mangrove serta perkebunan pesisir di dataran rendah. Umumnya, keberadaan Sikatan Bakau berdampingan dengan Sikatan Cacing.

Cara membedakan burung sikatan bakau jantan dan betina sangat mudah. Corak warnanya terdapat perbedaan yang mencolok antara jantan dan betina.

Burung Sikatan Bakau Sulawesi jantan berwarna biru tua agak kegelapan di bagian atas tubuhnya mulai dari kepala, pipi, sisi samping tenggorokan, punggung, sayap, dan ekornya.

Pada bagian bawah tubuhnya yaitu tenggorokan, dada dan perut.diselimuti warna jingga kemerahan. Sedangkan burung betina berwarna biru cerah di bagian atas tubuhnya, meliputi kepala, sisi belakang mata, punggung, sayap dan ekor.

Baca Juga: Mengenal Sikatan Bakau, Burung Indah dengan Kicauan Merdu
Tidak Hanya Manusia, Hewan Ternyata Juga Bisa Bersin Lho

Setiap musim kawin, Sikatan Bakau bisa bertelur tiga sampai lima butir pada bulan Maret hingga Agustus. Nantinya telur itu diletakkan di atas sarang yang dekat permukaan tanah. 

Burung Sikatan Bakau dikenal memiliki kicauan merdu dan terdengar agak melengking. Karena kicauannya ini, Sikatan Bakau kerap dijadikan burung perlombaan.

Video Terkait