Ayam Broiler Semakin Membesar Selama 50 Tahun Terakhir, Ini Faktanya

Ilustrasi ayam broiler (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 19 Mei 2022 | 17:10 WIB

Olahan ayam menjadi salah satu makanan yang disukai sebagian besar masyarakat dunia. Namun, banyak yang tak mengetahui bahwa ayam khususnya broiler memiliki ukuran tubuh yang meningkat sampai 364 persen dalam 50 tahun terakhir.

Fakta itu diungkap oleh pemerhati daging, Sollozo melalui akun Twitter @MrSollozo. Dalam unggahannya, ia menjelaskan penyebab dibalik ayam broiler yang semakin membesar selama 50 tahun terakhir.

Menurut penuturannya, ukuran ayam broiler yang semakin membesar itu berawal dari obsesi Amerika Serikat. Tentu semua karena ketika itu ayam sudah memiliki daging yang gurih dan enak meski diolah tanpa menggunakan bumbu apapun.

Imbasnya, pada tahun 40-an, ayam menjadi mahal dan hanya disajikan dalam acara tertentu saja. Hingga akhirnya pada 1948, rata-rata harga ayam sebesar 3 dolar yang bila disesuaikan dengan inflasi saat ini yaitu 30 dolar per ekor alias Rp430 ribu.

Demi menyelesaikan masalah tersebut, Direktur Unggas Nasional di A&P yang notabene supermarket terbesar di AS saat itu, Howard "Doc" Pierce, mengadakan kontes untuk salah satunya mencari produk unggas yang efisien secara anggaran dan produksi.

Kompetisi bernama "The Chicken of Tomorrow Contest" tersebut akhirnya menantang kompetitor untuk mengembangbiakkan ayam tergemuk dalam waktu tercepat. Kriterianya bukan pada rasa, melainkan dari ukuran, warna kulit, besaran dada, dan rata-rata ukuran. Dari sana, didapatkan ayam yang diinginkan, yakni diternak dengan mengedepankan efisiensi sehingga berukuran besar dalam waktu singkat.

Rata-rata ayam broiler tumbuh hanya dalam 35 hari, setengah dari waktu yang dibutuhkan untuk ayam normal tumbuh. Kemudian seiring bertambahnya waktu, para peternak ayam broiler semakin mencari cara agar ayam bisa cepat besar.

Hingga akhirnya,  ayam broiler menjadi begitu berbeda dari zaman dulu, memiliki kaki lebih pendek dan dada lebih besar. Bahkan ada yang sampai kesulitan jalan. Secara umur, ayam yang disantap jadinya masih belum dewasa.

Video Terkait