Ingin Pelihara Iguana? Perhatikan 2 Hal Ini Sebelum Melakukannya

Ilustrasi iguana. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Rabu, 18 Mei 2022 | 18:30 WIB

Sariagri - Iguana memiliki ukuran tubuh yang cukup besar. Reptil yang satu ini cukup diminati oleh masyarakat untuk dijadikan hewan peliharaan.

Tidak seperti anjing dan kucing, memelihara iguana dibutuhkan tingkat kehati-hatian yang ekstra. Perawatannya pun terbilang tidak mudah.

Melansir sejumlah sumber, ada dua hal yang bisa diperhatikan sebelum memelihara hewan ini.

1. Sulit Dijinakkan

Berat iguana dapat mencapai sembilan kilogram dengan panjang lebih dari 200 sentimeter ketika beranjak dewasa. Pertumbuhan iguana yang terbilang cepat tentu saja membuatnya membutuhkan tempat tinggal yang nyaman.

Meski bertubuh besar, iguana yang dipelihara tetap akan mencoba untuk melarikan diri dari kandangnya. Reptil yang satu ini terbilang sulit untuk dijinakkan.

Untuk menjinakkannya, iguana perlu digendong dan dipegang secara rutin setiap hari. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya dan nyaman terhadap pemilik dan lingkungannya.

Iguana dewasa akan jinak jika tidak terancam. Ketika ke luar kandang, hewan ini akan memanjat pada pemiliknya. Gunakan pakaian pelindung karena cakarnya dapat menimbulkan luka. Selain itu, ekornya juga dapat menyebabkan luka hingga mematahkan tulang.

2. Vegetarian

Jangan berikan daging pada iguana karena dapat menimbulkan masalah pencernaan, ginjal hingga kematian. Iguana merupakan herbivora alami yang memakan sayuran dan buah-buahan segar.

Baca Juga: Ingin Pelihara Iguana? Perhatikan 2 Hal Ini Sebelum Melakukannya
Studi Baru Menunjukkan Anjing Dapat Mengurangi Rasa Sakit Seseorang

Makanan yang cocok untuk reptil ini adalah kangkung, lobak, sawi, dan asparagus. Untuk buah-buahan, pisang bisa menjadi salah satu pilihannya.

Buah dan sayuran yang diberikan jangan dikupas karena kandungan kalsium dan fosfor yang dibutuhkan untuk kesehatan tulangnya.