Apakah Kucing Bisa Makan Tomat? Simak Penjelasannya

Ilustrasi kucing. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 18 Mei 2022 | 19:15 WIB

Sariagri - Tomat memiliki banyak manfaat untuk tubuh salah satunya adalah vitamin C. Namun, apakah tomat juga baik untuk kucing?

Melansir Balcony Garden Web, makan satu atau dua tomat matang ternyata tidak akan membahayakan kucing. Menurut salah satu anggota dari Veterinary Botanical Medical Association, Dr Ihoe Basko, tomat matang aman untuk dimakan kucing dan anjing.

Tomat matang tidak beracun dan hewan peliharaan dapat mengambil manfaat dari buah tersebut.

Fungsi tomat pada kucing dapat meredakan sembelit dan pencernaan yang lambat. Tomat kaya akan serat dan air juga sebagai sumber vitamin A dan C.

Makan tomat matang dapat membuat kucing merasa kenyang untuk waktu yang lama. Namun tomat tidak dapat memberikan nilai gizi yang tinggi.

Meski aman dikonsumsi, tetapi ada beberapa kucing yang mungkin alergi terhadap tomat. Adapun tanda-tanda alergi tomat pada kucing seperti mual, muntah, diare, pemarah, dan tremor.

Baca Juga: Apakah Kucing Bisa Makan Tomat? Simak Penjelasannya
5 Tanda Kamu Wajib Mengganti Makanan Kucing

Yang tidak boleh dimakan oleh kucing adalah bagian pada tanaman tomat. Bagian hijau seperti batang dan daun bahkan tomat hijau mentah beracun bagi kucing. Bagian hijau tomat mengandung solanin sejenis Glikoalkaloid. Selain tomat ada juga tanaman lainnya seperti terong, paprika dan kentang.

Adapun tanda-tanda kucing keracunan bagian hijau pada tomat menurut ASPCA adalah geraknya terbatas, hipersalivasi, lemah, detak jantung lambat, kebingungan dan gangguan gastrointestinal parah.