Kambing Etawa, Populer karena Daging dan Susunya Kaya Manfaat

Kontes kambing etawa di Lombok. (Antara)

Editor: Putri - Selasa, 17 Mei 2022 | 16:20 WIB

Sariagri - Kambing etawa populer dengan produk susu dan dagingnya yang melimpah. Manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan juga telah terbukti dan banyak orang mengakuinya.

Mengutip situs resmi Museum Tanah dan Pertanian Kementerian Pertanian, kambing etawa berasal dari India dan merupakan salah satu kambing yang paling terkenal di dunia.

Jenis kambing ini unggul, baik dari produk susu maupun produk daging. Kambing etawa pertama kali masuk ke Indonesia dibawa oleh orang Belanda pada 1920-an.

Pemerintah Hindia Belanda pada saat itu menempatkan kambing unggul ini di beberapa tempat yaitu sekitar Kaligesing dan Kulonprogo (Jawa Tengah), di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Di Indonesia, kambing ini disilangkan dengan kambing kacang lokal yang menghasilkan kambing peranakan. Peranakan ini memiliki ciri-ciri yaitu bulu badannya belang. Peranakan Etawa (PE) menjadi salah satu ikon Kabupaten Kulonprogo.

Harga kambing etawa peranakan dengan kualitas unggul bisa mencapai ratusan juta. Kelebihan peranakan etawa adalah mudah diternak karena kemampuannya yang mudah beradaptasi dengan baik.

Berat dari seekor kambing bisa mencapai 90 kilogram dan betina berkisar 60 kilogram. Betina memiliki puting yang cukup panjang hingga menghasilkan susu kambing etawa hingga 235 kilogram dengan masa laktasi 261 hari.

Mengutip berbagai sumber berikut manfaat daging dan khasiat susu kambing etawa.

1. Mengatasi Rasa Nyeri Haid

Daging kambing ini sangat bermanfaat untuk para wanita karena dapat mengatasi rasa nyeri saat haid. Nyeri haid bisa disebabkan kandungan zat besi dalam tubuh yang berkurang.

Mengonsumsi daging kambing yang kaya zat besi bisa membantu meredakan nyeri haid ini.

2. Merawat Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit adalah hal penting bagi manusia. Kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi dalam daging kambing juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

Tak hanya itu saja, daging kambing juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang serta gigi.

3. Memperkuat Imunitas Tubuh

Di era pandemi COVID-19 saat ini, imunitas tubuh wajib sekali dijaga kesehatannya. Daging kambing juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

Kandungan ini cukup baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

4. Mencegah Pengeroposan Tulang dan Anemia

Sementara susu kambing ini bermanfaat untuk mencegah pengeroposan tulang. Tak hanya untuk anak-anak dan orang dewasa, susu kambing ini juga cocok untuk dikonsumsi lansia.

Susu ini bisa mempercepat regenerasi hemoglobin, yang kemudian membuatnya menjadi cara yang aman untuk mengatasi masalah pengeroposan tulang dan anemia.

Selain itu, susu dari kambing unggul ini juga mengandung seng dan selenium di dalamnya. Berkat seng dan selenium, susu ini juga bisa mencegah penyakit neurodegeneratif.

5. Mengandung Prebiotik

Perlu diketahui bahwa susu ini mengandung protein dan kalsium lebih banyak kadarnya jika dibandingkan dengan susu sapi. Susu ini juga memiliki karbohidrat yang bersifat prebiotik.

Kandungan karbohidrat prebiotik dalam susu kambing ini disebut oligosaccharides. Oligosaccharides merupakan jenis karbohidrat yang sama dengan yang ada dalam susu manusia.

Selain itu, kandungan karbohidrat prebiotik ini bisa mendukung perkembangan bakteri baik dalam sistem pencernaan dan sangat bermanfaat bagi manusia.

Perkembangan bakteri sistem pencernaan yang baik ini mendukung sistem kekebalan tubuh dan mampu melawan inflamasi, khususnya yang terjadi pada sistem pencernaan.

Baca Juga: Kambing Etawa, Populer karena Daging dan Susunya Kaya Manfaat
Asal Usul Domba Texel Penghasil Daging Tanpa Lemak

6. Meningkatkan Kekuatan Otot

Untuk memiliki otot tubuh yang kuat akan memudahkan kamu melakukan berbagai aktivitas, seperti berolahraga. Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar otot bertambah kuat, salah satunya dengan mengonsumsi susu kambing ini secara rutin.

Manfaat susu kambing satu ini tidak lepas dari kandungan protein pada susu. Menurut studi yang diterbitkan Journal of the International Society of Sports Nutrition pada 2012, menjelaskan bahwa jika diet tinggi protein dapat meningkatkan kekuatan otot.

Video Terkait