Ini Alasannya Seekor Kucing Kerap Menatap Wajahmu

Ilustrasi Kucing (Unsplash)

Editor: Dera - Senin, 16 Mei 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Pernahkah kamu memperhatikan kucingmu termenung memperhatikanmu selama beberapa waktu? Kita kadang merasa bingung kenapa kucing bisa menghabiskan waktu yang tak sebentar memandangi kita.

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling menggemaskan. Hal ini lantaran kucing suka bertingkah lucu yang membuat pemiliknya tersenyum bahkan tertawa. 

Namun di balik tingkahnya tersebut, pernah tidak kamu menemukan kucingmu menatapmu dengan waktu yang cukup lama. Nah, kebiasaan menatapi manusia dianggap sebagai cara komunikasi bagi kucing. 

Banyak orang menganggap kebiasaan ini sebagai cara kucing memberitahu manusia bahwa mereka lapar dan butuh makan. Untuk itu, ada baiknya kita lebih mengenal lagi mengapa kucing sering menatapi manusia untuk waktu yang lama. Simak Ulasanya dibawah ini.

1. Merasa Bahagia

Jika kamu melihat gestur tubuh kucing tampak santai sambil menatap pemiliknya, itu bisa menjadi tanda bahwa ia sedang merasa bahagia.

Jika kucing melakukannya sembari mengedipkan matanya perlahan, maka kucing sedang mencoba mengekspresikan perasaan sayangnya pada pemiliknya.

2. Merasa Takut

Ketika kucing menatap kita sambil menekuk ekornya ke bagian dalam, bisa jadi ia sedang merasa terintimidasi karena kedatangan seseorang.

Hal ini bisa terjadi ketika kucing merasa takut dengan situasi yang terjadi di sekitarnya. Misalnya kucing mendengar suara yang menakutkan, atau gerakan yang membuat mereka merasa terancam.

Baca Juga: Ini Alasannya Seekor Kucing Kerap Menatap Wajahmu
Tak Hanya Manusia, Cuaca Panas Juga Berdampak pada Hewan Peliharaan

3. Menunjukkan Kemarahan

Ketika kucing memandangi kita dengan posisi tubuh yang terlihat kaku, telinga sedikit turun, pupil mata mengecil, dan gerakan ekor yang mengibas ke kanan dan ke kiri, menandakan kucing sedang marah.

Untuk menghalau kemarahan kucing dan mengurangi risiko hewan ini membuat kekacauan, kamu bisa mengalihkannya dengan memberi kucing mainan kesukaan mereka.

 

Video Terkait