3 Hewan Ini Terkenal Cerdas dalam Bertahan Hidup

Seekor lumba-lumba berenang di Samudra Hindia. (Foto: Wikimedia Commons)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Selasa, 17 Mei 2022 | 18:25 WIB

Sariagri - Setiap makhluk hidup memiliki keunikannya masing-masing, tak terkecuali hewan. Ada beberapa hewan yang dianggap memiliki kepintaran layaknya manusia.

Dalam menunjukkan kecerdasannya, hewan ini punya cara yang unik dan berbeda. Pada umumnya, hewan-hewan ini memperlihatkan kecerdasannya lewat bagaimana bertahan hidup.

Nah, berikut tiga hewan yang terkenal dengan kecerdasannya dalam bertahan hidup di alam liar. 

1. Tupai

Tupai menunjukkan kecerdasannya saat mereka menyembunyikan makanannya. Hewan tersebut mengubur makanannya dengan menyebar di lain tempat untuk mengurangi persaingan antara hewan-hewan lain yang lapar.

Uniknya, meski banyak sekali tempat persembunyian makanannya, tupai tidak pernah lupa tempatnya menaruh makanan.

Delgado yang merupakan seorang peneliti, melakukan pengamatan pada perilaku tupai yang suka menyimpan makanan dalam tulisannya pada Royal Society Open Science.

Ternyata, hal yang membuat tupai tak akan pernah lupa tempat menaruh makanannya adalah dengan indra penciuman yang tajam. Penciuman tupai membantunya menemukan kembali makanan yang sudah dikubur, meski jauh dari sarangnya.

Sebuah penelitian pada 1991 yang diterbitkan dalam jurnal Animal Behavior, tupai abu-abu (Sciurus carolinensis) menyembunyikan kacang di tempat yang berdekatan.

Namun berbeda dengan Delago, Pizza Ka Yee Chow dari Hokkaido University di Jepang, menemukan bahwa tupai memiliki daya ingat yang kuat. Tupai dapat mengingat tempat persembunyian makanannya karena mengenali pohon dan mengukur jarak antara pohon dengan tempat tinggalnya.

2. Burung Gagak

Burung gagak dikenal karena suaranya yang khas dan juga menakutkan. Namun, yang banyak orang belum tahu adalah ternyata burung gagak menjadi spesies burung paling cerdas di bumi.

Burung gagak ternyata mampu mengenali daerah atau benda yang pertama dilihat. Kemampuan ini tentu saja berhubungan dengan fungsi otaknya yang cerdas.

Hal ini telah dibuktikan oleh Kevin McGowan, seorang pakar burung gagak dari Cornell Lab of Ornithology, New York. McGowan berujar jika gagak mampu terbang jauh ribuan kilometer dan akan kembali mendarat di semak yang sama dengan tempatnya pergi.

3. Lumba-Lumba, Mamalia Laut Cerdas

Lumba-lumba disebut sebagai mamalia laut yang cerdas karena bisa berkomunikasi dengan sesamanya dengan suara khas. Lumba-lumba juga bisa bertahan hidup dengan bekerja sama.

Baca Juga: 3 Hewan Ini Terkenal Cerdas dalam Bertahan Hidup
Bukan Hanya Buaya, 5 Hewan Ini Dikenal Setia dengan Pasangannya

Selain itu, ternyata Lumba-lumba bekerja sama dengan kelompoknya untuk menggiring ikan-ikan mangsanya. Caranya dengan membuat lingkaran besar serupa dinding yang sulit ditembus. Lingkaran tersebut dibuat oleh lumba-lumba dengan cara berenang menggunakan kibasan ekornya yang kuat.

Ketika ikan-ikan tersebut merasa tertekan, lumba-lumba segera memasang rahang terbukanya agar ikan bisa masuk ke dalam mulutnya.

Video Terkait