Melihat Dampak Cuaca Panas pada Hewan Peliharaan dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi Hewan Peliharaan (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Senin, 16 Mei 2022 | 19:05 WIB

Sariagri - Apakah di tempatmu mengalami panas yang begitu menyengat? Jika iya, memang benar di beberapa wilayah Indonesia kini mengalami panas yang begitu menyengat.

Panas yang terjadi ini bukan hanya berdampak pada manusia saja loh, melainkan juga pada hewan peliharaan kita. Sama seperti manusia, anjing dan kucing juga bisa merasa gerah saat cuaca atau suhu panas.

Mengutip American Animal Hospital Association, sengatan panas pada hewan peliharaan bisa terjadi kalau suhu tubuhnya naik di atas 37-39 derajat Celsius. Meski hewan kesayangan kita tetap berada didalam ruangan, mereka tetap rentan terhadap cuaca panas. Walaupun tidak semua hewan peliharaan seperti itu.

Saat kepanasan, umumnya beberapa hewan akan menunjukkan beberapa tanda. Dalam hal ini penting untuk kamu mengetahui tanda-tanda hewan peliharaan sedang kepanasan.

Hal ini agar kita bisa segera memberikan penanganan yang dibutuhkan agar bisa menyelamatkan peliharaan. Tanda-tanda yang harus diwaspadai adalah lesu, terengah-engah berlebihan, napas cepat, gemetar, mengeluarkan air liur, kegelisahan yang berlebihan, dan kurang nafsu makan berkepanjangan.

Baca Juga: Melihat Dampak Cuaca Panas pada Hewan Peliharaan dan Cara Mengatasinya
Tak Hanya Manusia, Cuaca Panas Juga Berdampak pada Hewan Peliharaan

Bahkan dalam kasus yang lebih parah, hewan peliharaan bisa muntah hingga diare. Pastinya hal tersebut membuat kita panik dan khawatir. Lalu, bagaimana cara menangani hewan peliharaan yang kepanasan? 

Berikut cara mengatasi hewan peliharaan yang kepanasa.

  1. Ketika meninggalkan hewan dalam waktu yang lama, kamu bisa meninggalkan baskom berisi air agar mereka bisa minum dengan leluasa.
  2. Pastikan hewan peliharaan berada di dalam ruangan atau di bawah naungan, terutama suhu puncak dari pukul 10.00 hingga 16.00. Batasi semua kegiatan di luar ruangan jika itu dirasa tidak terlalu penting untuk membawa hewan peliharaan.
  3. 3. Hindari berjalan di pasir atau aspal yang panas.
  4. Untuk peliharaan yang hidup dalam kurungan, sediakan air yang cukup dan tabir pastikan kurungan mereka bersih karena cuaca panas meningkatkan risiko kesehatan yang fatal.
  5. Jangan meninggalkan hewan peliharaan di dalam mobil karena risiko heat stroke cukup tinggi dan bisa berakibat fatal pada hewan.

Video Terkait