50 Hewan Ternak Mati Akibat Panas Ekstrem

Ilustrasi panas ektrem tewaskan hewan ternak. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 13 Mei 2022 | 19:35 WIB

Sariagri - Lebih dari 50 ternak yang terdiri dari domba, kambing dan sapi mati di Cholistan, Pakistan menyusul kekeringan hebat di wilayah tersebut. Kekeringan terjadi di tengah gelombang panas nasional yang sedang berlangsung. Ternak dan satwa liar di daerah tersebut terancam oleh kondisi cuaca buruk dan kurangnya curah hujan.

“Cholistan memiliki populasi manusia lebih dari 200.000 dan populasi ternak lebih dari 1,2 juta, selain puluhan ribu spesies satwa liar,” kata Riaz Baloch, seorang petani Cholistani seperti dilansir dari Tribune. Dia menambahkan bahwa wilayah gurun telah mengalami kondisi kekeringan terburuk akibat kurangnya curah hujan yang memadai.

Laporan menyatakan bahwa ribuan orang dan ternak mereka terpaksa bermigrasi dari Cholistan ke daerah lain, karena kelangkaan air. Manajemen divisi dan distrik lokal dari pemerintah provinsi telah memulai inisiatif untuk mengatasi kelangkaan air di daerah gurun Cholistan.

Baca Juga: 50 Hewan Ternak Mati Akibat Panas Ekstrem
400 Sapi NTT Tujuan Kalimantan Terancam Batal Dikirim Dampak Wabah PMK



"Kepala Menteri Punjab Hamza Shahbaz sendiri memperhatikan situasi seperti kekeringan di Cholistan dan mengarahkan penggunaan semua sumber daya yang tersedia untuk memasok air ke Cholistan," kata Divisi Komisaris Bahawalpur, Kapten (purn) Zafar Iqbal.

Pernyataan ini dibuat pada pertemuan pejabat senior di kantornya untuk meninjau situasi kelangkaan air di Cholistan.

 

Video Terkait