Petani di Inggris Berhasil Selamatkan Ras Babi Langka yang Nyaris Punah

Ilustrasi Babi Breed. (Good News Network)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 13 Mei 2022 | 18:30 WIB

Sariagri - Sekelompok petani di Inggris berhasil menyelamatkan ras babi langka yang nyaris punah. Di negara itu, breed Babi Mangalitza berbulu terkenal karena keberanian mereka melawan beruang.

Michelle Burley-Hodge, peternak wanita berusia 40 tahun, telah bergabung dengan kelompok kecil yang didedikasikan untuk menyelamatkan breed babi Mangalitza berbulu. Dia mengaku terinspirasi untuk menyelamatkan babi berambut keriting itu setelah mendengar cerita masa kecil neneknya tentang babi yang sekarang sudah punah dari desanya.

Hasilnya, cukup menggembirakan. Populasi babi itu kini mulai pulih dari hanya sepuluh di Inggris, menjadi sekitar 50.

Michelle Burley-Hodge merupakan Ibu dua anak dari Perranwell di Cornwall. Saat ini ia adalah salah satu dari empat petani di Inggris yang telah tengah berjuang menyelamatkan babi langka tersebut dari ambang kepunahan.

Babi Mangalitza merupakan hewan besar, dengan rambut keriting panjang yang berasal dari Hongaria. “Mereka bukan babi yang sangat dicari karena mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk dipelihara untuk daging, tetapi mereka benar-benar hewan yang unik dan tangguh," kata Michelle, seperti dilansir Good News Network.

"Lemak mereka juga sangat baik untuk omega-3, beberapa petani lain menjualnya. Ini disebut lemak babi emas. Saya tahu bahwa baru-baru ini para petani tempat saya bekerja di dekat Yorkshire dan Sussex memiliki anak baru, jadi breed ini pasti meningkat dari waktu ke waktu. Kami juga akan mengimpor seluruh jenis baru babi Mangalitza dari Austria pada bulan Juli, jadi mudah-mudahan itu akan menambah beberapa variasi dan membuat breed lebih layak," ujarnya menambahkan.

Michelle terinspirasi untuk menyelamatkan breed setelah mendengar neneknya yang berusia 85 tahun, Sylvia, berbicara tentang babi berbulu besar yang biasa berjalan di sekitar lanskap masa kecilnya. Saat mencari satu untuk dibeli untuk dirinya sendiri, Michelle menemukan bahwa jenis babi, bulu keriting Lincolnshire, telah punah.

Sebagai ras global, babi Mangalitza telah diekspor ke seluruh dunia hingga ke Jepang dan Kanada karena ketangguhannya.Michelle mengatakan bahwa bahkan ada grup Facebook yang didedikasikan untuk babi, dengan pemilik yang berbagi pengalaman mereka dan bagaimana nasib babi mereka dari seluruh dunia.

Baca Juga: Petani di Inggris Berhasil Selamatkan Ras Babi Langka yang Nyaris Punah
Daging Babi Kaleng Berlabel Ikan dari Cina Disita Aparat Malaysia



“Satu babi di AS diserang beruang, yang tidak biasa kami lakukan di sini. Babi itu baik-baik saja, dan bahkan ada video pertarungannya dengan beruang," tukasnya.


Video Terkait