Kementan Diminta Usut Asal-usul Wabah PMK dari Mana

Ilustrasi pengecekan PMK pada hewan ternak. (kulonprogo)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 12 Mei 2022 | 16:55 WIB

Sariagri - Anggota Komisi IV DPR RI Darori Wonodipuro menegaskan agar pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) segera menangani wabah penyakit mulut-kaki (PMK). Ia khawatir, jika penanganan wabah lambat, maka akan menyebar ke berbagai daerah di Indonesia.

“Sebagai penanggung jawab program, Kementan tahu dari mana data asal usul kena (wabah PMK) di mana penularannya. Itu bisa diusut ujungnya, apakah sapi ini kena karena impor atau ada wabah yang dibawa ternak lain, kita tunggu saja,” ujar Darori, Kamis (12/5/2022).

Lebih lanjut, usai masa reses, politisi Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (F-Gerindra) DPR RI itu menjelaskan akan membahas wabah PMK dengan Kementan pada rapat yang akan diselenggarakan pada 17 Mei 2022 mendatang.

Darori berharap, pemerintah telah siap dengan solusi untuk menangani PMK di Indonesia. Sehingga, wabah PMK tidak menyebar luas ke berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga: Kementan Diminta Usut Asal-usul Wabah PMK dari Mana
Wabah PMK Merebak, Pemerintah Gagal Deteksi Dini Penyakit Ini

Tidak hanya itu, solusi-solusi tersebut bisa menekan kerugian masyarakat Indonesia, khususnya para peternak hingga konsumen.

“Selesai reses, kita akan minta penjelasan dari Menteri Pertanian dan Dirjen apa langkah yang dilakukan. Mestinya segera turun mengecek semua,” tutup Darori.

Video Terkait