Tak Hanya Manusia, Cuaca Panas Juga Berdampak pada Hewan Peliharaan

Ilustrasi Kucing (Unsplash)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 12 Mei 2022 | 17:30 WIB

Peningkatan suhu dan peristiwa cuaca ekstrem yang dipicu oleh perubahan iklim ternyata tak hanya berdampak pada manusia, tetapi juga memengaruhi hewan peliharaan yang paling dekat dengan kita, seperti anjing, kelinci, hewan pengerat dan mamalia kecil lainnya, reptil, dan burung.

Mengutip dari National Geographic, semua hewan peliharaan rentan terhadap serangan panas, tetapi beberapa memiliki risiko lebih tinggi.

Anjing berkepala pendek seperti pug, bulldog, French bulldog, dan Boston terrier merupakan hewan yang rentan mengalami serangan panas. Anjing jenis ini punya tenggorokan yang sempit dan dapat mengalami kesulitan menghirup udara. Kondisi ini membuatnya sulit menjaga diri tetap dingin.

Hewan secara fisiologis menangani panas secara berbeda dari manusia. Jika manusia mengatur suhu tubuh dengan cara berkeringat melalui kulit kepala sampai kaki, dan keringat menguap, mendinginkan tubuh kita. Sedangkan anjing dan kucing hanya berkeringat melalui cakar dan hidungnya.

Biasanya anjing juga mengandalkan terengah-engah agar tubuhnya tetap merasa dingin. Kondisi ini memungkinkan air menguap di paru-paru, lidah dan permukaan mulut yang lembab. Sedangkan kucing umumnya merawat bululnya agar tetap dingin di mana air liur menguap dari bulu mereka.

Maka dari itu, sebagai pemilik hewan peliharaan disarankan untuk tidak mencukur bulu hewan peliharaan ketika cuaca panas. Pasalnya, bulu bertindak sebagai isolator yang menjaga hewan tetap hangat d musim dingin dan sejuk ketika musim panas.

Lantas, apa yang bisa dilakukan agar hewan peliharaan tidak terserang cuaca panas? Pertama-tama hal yang bisa kamu lakukan adalah menjauhkan hewan peliharaan dari paparan sinar mataari, terutama hewan yang hidup di kandang seperti reptil, hewan pengerat dan burung.

Selain itu, kamu juga bisa mengajak anjing peliharaan jalan-jalan di pagi atau malam hari, namun pastikan agar suhu trotoar tidak terlalu panas.

Video Terkait