Kisaran Harga Ayam Petelur Siap Produksi di Berbagai Pulau di Indonesia

Anto, peternak ayam petelur di Sumba Timur. (Dok.Pribadi)

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 10 Mei 2022 | 12:10 WIB

Sariagri - Umumnya ada dua jenis ayam yang biasa dibudidayakan dan dibisniskan masyarakat Indonesia. Kedua jenis tersebut adalah ayam petelur dan ayam pedaging. Harga ayam petelur dan harga ayam pedaging tentu saja berbeda.

Perbedaan harga ini disebabkan tujuan dari budidaya ayam yang dilakukan. Meski begitu kedua jenis ayam tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing untuk dibudidayakan.

Harga ayam petelur lebih mahal dibandingkan ayam pedaging

Ayam petelur siap produksi harganya relatif lebih mahal dibanding jenis ayam pedaging. Hal ini dikarenakan ayam petelur bisa menjadi investasi selama paling tidak 2 tahun kedepan.

Tak heran jika beternak ayam petelur lebih banyak dipilih oleh pebisnis, karena bisa dibilang cukup menjanjikan dan bisa meraub keuntungan yang berlipat ganda.

Faktor lainnya dikarenakan permintaan pasar Indonesia akan produk telur pun seakan tidak pernah surut.

Telur ayam bahkan menjadi komoditas utama dalam kehidupan sehari-hari, karena dapat digunakan untuk beragam hal terutama untuk membuat berbagai jenis makanan.

Kisaran harga ayam petelur siap produksi yang perlu diketahui

Untuk mulai berbisnis ayam petelur, sebenarnya kamu tidak perlu repot mencari bibit setiap kali masa panen tiba. Karena ayam petelur dapat menghasilkan telur berulang kali sebelum kemudian membeli bibit ayam lagi.

Namun untuk memulai bisnis ini kamu harus mengetahui harga ayam petelur siap telur sebagai acuan untuk modal awal kamu memulai berbisnis.

Umumnya harga ayam petelur dihitung berdasarkan usia perminggunya, biasanya ayam petelur siap produksi bila memasuki umur 16-18 minggu.

Berikut gambaran harga ayam petelur umur 16 minggu yang didapatkan dari berbagai sumber :

a. Ayam Petelur di Sumatera

Ayam petelur di wilayah pulau Sumatera berusia seminggunya dihargai Rp 3.800. Namun jika kamu ingin membeli dengan usia 16-18 minggu maka harga yang harus kamu keluarkan adalah Rp 68.400.

b. Ayam Petelur di Pulau Jawa

Ayam petelur di wilayah pulau Jawa berusia seminggunya dihargai Rp 3.750. Jadi bila kamu ingin membeli dengan usia 16-18 minggu maka harga yang harus kamu bayarkan adalah Rp 67.500.

c. Ayam Petelur di Bali

Ayam petelur di wilayah pulau Bali perusia seminggunya dihargai Rp 3.700. Jadi bila kamu ingin membeli dengan usia 16-18 minggu maka harga yang harus kamu bayarkan adalah Rp 66.600.

d. Ayam Petelur di Sulawesi

Ayam petelur di wilayah Sulawesi perusia seminggunya dihargai Rp 3.850. Jadi bila kamu ingin membeli dengan usia 16-18 minggu maka harga yang harus kamu bayarkan adalah Rp 69.300.

e. Ayam Petelur di Kalimantan

Ayam petelur di wilayah pulau Kalimantan perusia seminggunya dihargai Rp 3.850. Jadi bila kamu ingin membeli dengan usia 16-18 minggu maka harga yang harus kamu bayarkan adalah Rp 69.300.

Kisaran harga ayam petelur afkir

Ayam petelur tidak hanya untuk berproduksi, namun ada juga yang dikonsumsi. Ayam ini dinamakan ayam petelur afkir. Ayam ini dikonsumsi sebab ia sudah tidak produktif pada akhir masa produksi telur, yaitu pada usia 72 hingga 80 minggu (Murtidjo, 2003).

Berikut gambaran harga ayam afkir di beberapa pulau besar di Indonesia:

a. Ayam Petelur Afkir di Sumatera

Ayam petelur afkir di pulau Sumatera dihargai pada kisaran Rp 50.000 untuk ayam hidup dan Rp 55.000 apabila telah dipotong atau disembelih.

b. Ayam Petelur Afkir di Pulau Jawa

Ayam petelur afkir di pulau Jawa dihargai pada kisaran Rp 45.000 baik ayam hidup maupun yang telah dipotong atau disembelih.

c. Ayam Petelur Afkir di Bali

Ayam petelur afkir di Bali dihargai pada kisaran Rp 48.000 untuk ayam hidup dan Rp 50.000 apabila telah dipotong atau disembelih.

Baca Juga: Kisaran Harga Ayam Petelur Siap Produksi di Berbagai Pulau di Indonesia
Ketahui Cara Ternak Ayam Petelur Sejak Awal Hingga Panen

d. Ayam Petelur Afkir di Sulawesi

Ayam petelur afkir di Sulawesi dihargai pada kisaran Rp 53.000 untuk ayam hidup dan Rp 55.000 apabila telah dipotong atau disembelih.

e. Ayam Petelur Afkir di Kalimantan

Ayam petelur afkir di pulau Kalimantan dihargai pada kisaran Rp 53.000 untuk ayam hidup dan Rp 54.000 apabila telah dipotong atau disembelih.